• Sen. Apr 22nd, 2024

anda-tanda Sifilis yang memicu dan preventif 2023

ByAdmin

Apr 1, 2023
Sifilis

anda-tanda Sifilis yang memicu dan preventif 2023

Penyakit raja singa atau sifilis merupakan infeksi menyebar seksual (IMS) yang disebabkan karena bakteri. Penyakit ini diawali selaku cidera yang tak ngilu, kebanyakan di alat kelamin, rektum atau mulut. Keadaan ini bisa menebar dari orang pada orang lewat contact kulit atau selaput lendir dari cedera ini.

Sesudah infeksi awal mula, bakteri dapat tidak aktif pada tubuh sepanjang beberapa dasawarsa saat sebelum jadi aktif kembali. Apabila diduga cepat, penyakit ini bisa sembuh pemberian antibiotik.

Tiada penyembuhan, penyakit yang di kenal juga panggilan penyakit raja singa ini dapat menghancurkan jantung, otak atau organ lain, serta bisa mengintimidasi jiwa.  bisa disebarkan dari ibu pada anak yang masih belum lahir.

Pemicu Sifilis

Yang menimbulkan yaitu bakteri yang memiliki nama Treponema pallidum. Teknik sangat umum penebaran yakni lewat contact dengan cedera orang yang terkena waktu kesibukan seksual. Bakteri masuk ke badan lewat cidera kecil atau lecet dalam kulit atau selaput lendir.

menyebar waktu bagian primer serta sekunder, dan kadang pada mula kurun laten. Pada kejadian yang makin lebih jarang-jarang, situasi ini bisa menebar lewat contact langsung dengan lesi aktif, seperti waktu berciuman. Ini bisa disebarkan dari ibu ke bayinya sepanjang kehamilan atau persalinan.

tidak bisa menebar dengan gunakan toilet, bak mandi, busana atau perlengkapan makan yang serupa, atau dari gagang pintu, kolam renang, atau bak air panas. Seusai pulih, penyakit ini tak kembali atau kumat sendirinya. Tapi, seorang bisa tertular kembali kalau punya contact dengan cidera dari pihak lain.

Tanda-tanda Sifilis

Ada lima bagian tanda-tanda penyakit ini, ialah:

Sifilis Primer

Sifilis Primer

Tanda-tanda pada keadaan ini biasanya ada berbentuk cedera dengan 10 sampai 90 hari sehabis bakteri masuk ke badan. Rekondisinya menghabiskan waktu sekitaran 3 sampai 6 minggu.

Sifilis Sekunder

sekunder berlangsung sejumlah minggu selesai cedera lenyap, dengan ruam yang ada di anggota badan mana saja utamanya di telapak tangan dan kaki. Ditambah lagi dengan penyakit flu, rasa letih, sakit di kepala, ngilu di sendi, serta demam normalnya jadi contoh tanda-tanda yang lain dihadapi penderita. Lekas menangani sekunder secara tepat, biar infeksi gak lanjut ke babak seterusnya.

Sifilis Laten

laten berlangsung tanpa ada tanda-tanda, namun di dalam 12 bulan awalan, infeksi tetap bisa menebar. Apabila tak diselesaikan, situasi ini bakal beralih menjadi tersier.

Sifilis Tersier

Sifilis tersier sebagai tipe yang amat beresiko. Tanda-tanda yang dihadapi akan dikuasai oleh bagian badan mana dimasuki bakteri . Model tersier punyai pengaruh kepada mata, jantung, otak, pembuluh darah, tulang, sendi, juga hati.

Hal semacam itu menimbulkan penderita bakal mengenyam kebutaan, penyakit jantung namun juga stroke akibatnya karena berlangsungnya infeksi menebar seksual itu.

Sifilis Kongenital

Bila situasi ini terjadi pada ibu hamil, karena itu janin wanita itu bisa pula terkena. Infeksi dapat disebarkan ke janin kalau seseorang ibu hamil yang menyandang . Efek itu dapat dikurangkan sebagai obat infeksi saat sebelum zaman kehamilan gapai empat bulan.

Bila perlakuan serta penyembuhan telat, ibu hamil itu akan terserang kompleksitas. Kompleksitas yang diterangkan dapat berwujud bayi lahir prematur, keguguran, bayi lahir dengan , serta raibnya nyawa bayi selesai dilahirkan.

Aspek Kemungkinan Sifilis

Siapa saja yang aktif secara seksual dapat terserang , tapi sebagian orang miliki kenaikan dampak terkena. Efek akan menjadi semakin tinggi apabila:

Jadi seorang gay, biseksual, atau melaksanakan hubungan seksual sama-sama pria.
Mengerjakan hubungan intim tanpa kondom, terlebih bila memiliki pasangan.
Menyandang HIV/AIDS.
Berhubungan seksual dengan satu orang yang menyandang.
Menderita IMS model lain, seperti klamidia, gonore atau herpes.

Penelitian Sifilis

Penelitian Sifilis

Untuk menganalisa, dokter bakal ajukan pertanyaan terkait kisah seksual yang dipunyai, tergolong apa kamu mengimplementasikan sex yang aman. Begitu penting buat jujur sepanjang dialog ini. Karena dokter bisa menolong memandang kemungkinan dan menyarankan test buat IMS yang lain. Buat pastikan pemeriksaan, dokter bakal mengecek serta ambil contoh darah buat cari sinyal tanda infeksi. Dokter pula kemungkinan keluarkan beberapa cairan atau sepotong kecil kulit dari cedera serta mencobanya di laboratorium.

Penyembuhan Sifilis

Untuk primer dan sekunder, penyembuhan bisa dijalankan antibiotik lewat pemberian suntikan dengan rata-rata dikerjakan sepanjang lebih kurang 14 hari.

Buat tersier serta pada wanita hamil, waktu penyembuhan makin lebih lama dan gunakan antibiotik yang diberi lewat infus. Penderita bakal menempuh test darah untuk pastikan biar infeksi sudah pulih dengan keseluruhan, sehabis meniti penyembuhan antibiotik.

Kompleksitas Sifilis

Tanpa ada penyembuhan, penyakit ini bisa mengakibatkan kerusakan di semua badan. Beberapa kapasitas kompleksitas penyakit raja singa ini yang bisa berlangsung merupakan:

Tonjolan Kecil atau Tumor. Di babak akhir sifilis, tonjolan (gumma) bisa berkembang dalam kulit, tulang, hati atau organ yang lain. Gumma rata-rata lenyap sehabis penyembuhan dengan antibiotik.
Problem Neurologis. Seperti meningitis, masalah pendengaran, soal pandangan, demensia, disfungsi seksual pada pria, dan inkontinensia urine.
Problem Kardiovaskular. Seperti pembesaran aorta atau arteri penting dalam badan, dan pembuluh darah yang lain. Keadaan ini dapat juga menghancurkan katup jantung.
Infeksi HIV. Orang dewasa dengan mempunyai dampak bertambah tinggi buat terkena HIV. Cedera sfilis bisa berdarah secara mudah, bikin HIV lebih ringan masuk ke dalam saluran darah sepanjang kegiatan seksual.
Kompleksitas Kehamilan dan Persalinan. kongenital begitu menambah efek keguguran, bayi lahir mati, atau kematian bayi di beberapa hari sehabis lahir.
Penghambatan Sifilis
Trik biar terbebas dari penyakit ini, ialah:

Menghindari dari alkohol dan obat-obat terlarang.
Punyai satu pasangan masih buat kerjakan hubungan seks.
Stop untuk berkontak seksual dalam waktu waktu yang lama.
Secara terbuka membahas sejarah penyakit kelamin yang dirasakan dengan pasangan.
Lakukan memanfaatkan kondom apabila harus melakukan hubungan seks sama orang yang tidak dikenali.

 

BACA JUGA YAH :  10 Resep masakan Mangga modern, nikmat, manis, serta gampang dituruti di dalam rumah

By Admin