• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

8 Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas, Mudah Dicoba!

https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20230312/screenshot-2023-03-12-231241-e72445c0e89af1c8c643eb7367229a41.png

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Sepatu menjadi salah satu item yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sepatu berfungsi sebagai alas kaki dan juga untuk melindungi kaki dari benda keras atau benturan. Namun, saat ini sepatu telah menjadi sebuah fashion yang juga dapat menunjang penampilan.

Karena mempunyai fungsi yang penting, sepatu juga perlu dirawat dengan baik karena sepatu yang tidak dijaga sehingga akan rusak atau mengelupas akan mengurangi keindahan dari sepatu tersebut. Namun, jika sepatu sudah mengelupas, kamu dapat memperbaikinya dengan beberapa langkah di bawah ini.
https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20230312/screenshot-2023-03-12-231241-e72445c0e89af1c8c643eb7367229a41.png

1. Bersihkan sepatu

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Tentu sepatu perlu dibersihkan terlebih dahulu agar debu serta kotoran yang menempel hilang. Kamu dapat menggunakan kain lap yang masih bersih atau menggunakan tisu.

Dengan menggunakan kain lap atau tisu, kemudian gosokkan dengan perlahan jangan sampai kulit yang mengelupas tadi menjadi semakin lebar. Kamu juga perlu menggosok dengan hati-hati.

2. Gunakan amplas agar lem menempel pada sepatu kulit

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Pada langkah ini kamu perlu menyiapkan kertas amplas. Amplas digunakan agar kulit sepatu dapat menempel dengan baik.

Pertama, kamu harus mengamplas bagian permukaan kulit sepatu yang mengelupas. Pengamplasan dilakukan sampai kulit sepatunya terkelupas.

3. Warnai bagian kulit sepatu yang telah diamplas
8 Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas, Mudah Dicoba!

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Setelah bagian kulit sepatu terkelupas karena diamplas, kamu bisa mewarnai bagian tersebut menggunakan marker atau spidol permanen. Jangan lupa pilih warna spidol yang serupa dengan warna sepatu.

Warnai keseluruhan bagian yang telah terkelupas tadi sampai warnanya serupa dengan warna asli sepatumu. Pewarnaan sepatu menggunakan spidol ini dilakukan untuk membuat warna sepatu di bagian yang terkelupas agar terlihat merata. Jika kamu tidak menemukan warna spidol yang serupa, kamu bisa mengusahakan untuk mencari spidol yang warnanya tidak begitu jauh dari warna sepatu kamu.

4. Pakai lap untuk menggosok cat sepatu

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Kamu dapat mencelupkan lap kain pada cat sepatu, lalu ratakan cat tersebut pada bagian yang mengelupas. Jangan lupa untuk meratakan juga bagian depan dan kedua sisi sepatunya. Kamu perlu memastikan bahwa semua permukaan kulit sepatu tertutupi cat sehingga warnanya menjadi seragam.

Permukaan yang sangat perlu untuk diratakan catnya adalah pada bagian sepatu mengelupas yang sudah diamplas sebelumnya. Usahakan untuk membuat bagian tersebut tertutupi dengan warna yang serupa.

5. Oleskan Shoe Goo pada permukaan sepatu
8 Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas, Mudah Dicoba!

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Bagi kamu yang tidak mengetahui Shoe Goo, Shoe Goo merupakan cairan seperti lem karet yang biasa digunakan untuk memperbaiki sepatu dan bahan-bahan lainnya yang terbuat dari kulit.

Untuk kulit sepatu yang mengelupas, kamu bisa mengoleskan Shoe Goo ke seluruh permukaan sepatu. Benda ini bekerja dengan cara menyegel bagian permukaan sepatu dan melindungi lapisan bawah kulit sepatu. Dengan begitu sepatu tidak akan mudah untuk mengelupas lagi.

Kamu perlu mempersiapkan kuas kecil dengan ukuran kira-kira sebesar 1,3 cm. Keluarkan isi lem dari tabung Shoe Goo, lalu gunakan kuas tadi untuk meratakan lemnya. Jangan lupa untuk mengoleskan dengan merata ke seluruh permukaan kulit sepatu.

6. Biarkan Shoe Goo mengering

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Jika kamu telah mengoleskan Shoe Goo secara merata ke seluruh permukaan sepatu, maka tunggu lem tersebut hingga mengering. Kamu dapat menyentuh bagian permukaan sepatu untuk memastikan apakah lapisan lem di atas permukaan sepatu benar-benar telah kering.

Jika Shoe Goo tidak menempel pada jarimu ketika kamu menyentuhnya, maka lem telah kering sempurna. Namun, jika ada sisa lem yang masih menempel pada permukaan jari kamu ketika kamu menyentuhnya, artinya kamu butuh waktu lagi untuk mengeringkan lem tersebut. Biasanya didiamkan selama 12 jam.

7. Semprotkan spray sepatu

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Selanjutnya kamu dapat menggunakan spray yang memang dikhususkan untuk sepatu. Spray ini berguna untuk merawat sepatu agar tidak mudah pecah-pecah.

Kamu dapat menggunakan spray ini setelah sepatu dibersihkan dengan cara menyemrprotkan spray ke seluruh permukaan sepatu. Lalu, angin-anginkan sepatu yang sudah disemprot barusan agar cairan dapat meresap dengan sempurna.

8. Gosok permukaan sepatu menggunakan cairan perawatan kulit sepatu

Cara Memperbaiki Sepatu yang Terkelupas Kamu juga dapat menggosokan permukaan sepatu menggunakan cairan yang memang dibuat khusus untuk perawatan sepatu. Cairan perawat kulit sepatu ini dapat membuat sepatumu jauh lebih awet.

Caranya adalah dengan mengoleskan cairan perawat untuk kulit sepatu agar kelembapan kulitnya tetap terjaga. Selain itu, cairan ini juga serba guna karena dapat digunakan sebagai semir sepatu dan juga untuk tas kulit. Kamu dapat menggunakan produk-produk yang terbuat dari lilin lebah madu yang mengandung minyak biji-bijian seperti biji rami dan pinus untuk menjaga sepatu kulitmu tetap lembap. Sepatu yang lembap akan jauh dari risiko kulit sepatu retak serta mengelupas.

Nah, cara-cara tadi bisa kamu gunakan untuk memperbaiki sepatu kamu yang terkelupas. Jika sudah berhasil diperbaiki, jangan lupa untuk merawat dan menjaga sepatunya juga, ya!

By Admin