• Sab. Apr 20th, 2024

7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Penolong di Akhirat Kelak

7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Penolong di Akhirat Kelak

Manfaat sholat tahajud 40 hari tentunya wajib untuk diketahui oleh seorang Muslim. Tak hanya mendapatkan pahala, sholat tahajud 40 hari ternyata juga baik untuk kesehatan.

Sholat tahajud sendiri merupakan salah satu jenis sholat sunnah malam yang dilakukan minimal dua rakaat hingga tidak terbatas. Bagi seorang Muslim yang meluangkan waktu malamnya untuk mengamalkan sholat tahajud, akan mendapatkan pahala hingga rahmat yang berlimpah dari Allah SWT.

Apalagi, melakukan sholat tahajud secara rutin selama 40 hari yang akan mendatangkan lebih banyak manfaat. Yuk, simak sederet manfaat dari sholat tahajud 40 hari berikut ini!
7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Penolong di Akhirat Kelak

1. Menjaga kesehatan rohani

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Dengan melakukan sholat tahajud 40 hari, ternyata bisa meningkatkan kesehatan rohani. Bangun di pagi hari dinilai dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran, lho!

Selain itu, sholat tahajud adalah waktu yang tepat untuk merefleksi ketenangan. Melaksanakan sholat tahajud secara rutin dapat membuat seseorang memiliki sifat rendah hati dan ramah, sehingga akan membawa suasana dan energi positif untuk orang-orang di sekitar.

2. Menghapus dosa-dosa

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Melaksanakan sholat tahajud selama 40 hari juga bisa menghapuskan segala dosa. Hal ini karena sholat tahajud menjadi amalan baik yang akan memudahkan untuk mendapat ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang diperbuat.

Selain itu, rajin melakukan sholat tahajud juga ampuh menghindarkan dari tindakan buruk hingga penyakit fisik ataupun penyakit mental. Penyakit fisik dan mental ini saling berhubungan dan berpengaruh bagi seseorang.

3. Penolong di akhirat
7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Penolong di Akhirat Kelak

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Dengan rutin melakukan sholat tahajud selama 40 hari, seorang Muslim akan mendapat pertolongan di akhirat kelak. Dalam Surat Az-Zariyat ayat 15-18 Allah SWT berfirman bahwa siapa saja yang melakukan sholat tahajud akan mendapatkan balasan yang setimpal, termasuk pertolongan Allah SWT di akhirat nanti.

Seorang Muslim yang melaksanakan sholat tahajud juga akan mendapatkan kenikmatan taman-taman surga dan mata air. Selain itu, juga bisa mengambil berbagai kenikmatan yang diberikan Allah SWT.

4. Perantara masuk Surga

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Manfaat sholat tahajud 40 hari selanjutnya yaitu sebagai perantara masuk surga. Sholat tahajud yang dikerjakan secara berturut-turut, menjadi amalan yang dapat memudahkan seseorang untuk masuk surga.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadis: “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi dan tegakkanlah sholat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah)

5. Kebiasaan orang saleh

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Faktanya, salat tahajud 40 hari adalah kebiasaan dari orang-orang saleh. Orang saleh akan melakukan salat tahajud karena mereka memahami bahwa ibadah ini dapat memberikan banyak manfaat kebaikan.

Anjuran salat tahajud ini pun disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis berikut: “Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR. Ahmad)

6. Doa dikabulkan

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Salah satu keistimewaan yang bisa didapatkan jika mengerjakan salat tahajud 40 hari adalah dikabulkan doa-doa. Salat tahajud yang dilakukan pada sepertiga malam merupakan waktu utama untuk mendapatkan ampunan dan pertolongan dari Allah SWT. Bahkan dalam hadis riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda: “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barang siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barang siapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barang siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.”

7. Menjaga kesehatan pernapasan
7 Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari, Penolong di Akhirat Kelak

Manfaat Sholat Tahajud 40 Hari Terakhir, manfaat salat tahajud selama 40 hari adalah menjaga kesehatan pernapasan. Mendirikan salat tahajud pada dini hari, menjadi salah satu gaya hidup sehat yang bisa bantu mencegah berbagai penyakit, seperti infeksi saluran pernapasan.

Bahkan, salat tahajud merupakan terapi khusus yang bisa bantu menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu, salat tahajud secara rutin dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, karena merasakan segarnya udara dini hari yang belum tercemar oleh polusi.

Nah, itulah dia sederet manfaat salat tahajud yang dilakukan secara rutin selama 40 hari. Ternyata juga bisa menjadi terapi khusus untuk menjaga kesehatan pernapasan, lho!

By Admin