• Rab. Mei 22nd, 2024

7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Sebagai buah yang identik dengan Ramadan, permintaan kurma pun meningkat seiring dengan hadirnya bulan suci. Umat Islam berbondong-bondong membeli kurma untuk stok menu sahur dan berbuka puasa.

Rasanya cenderung manis, kurma juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya mengembalikan energi setelah seharian berpuasa dan membantu proses pencernaan.

Namun, tidak semua kurma yang dijual di pasaran memiliki kualitas bagus. Kamu perlu memerhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Berikut beberapa tips memilih kurma yang bagus untuk stok Ramadan. Simak baik-baik, ya!
7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

1. Kenali berbagai jenis kurma

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Ada ratusan jenis atau varietas kurma yang ada di dunia ini. Mayoritas berasal dari kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Irak, Iran, Yaman, Mesir, dan sebagainya. Tak sedikit pula yang tumbuh di kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, atau bahkan Amerika. Beberapa jenis kurma yang populer antara lain kurma ajwa, sukari, medjool, rabbi, safawi, khalas, barhi, dayli, halawi, mabroom, mafazati, sayer, kabkab, deglet nour, dan masih banyak lainnya lagi yang lainnya Kurma-kurma tersebut memiliki tekstur, rasa (tingkat kemanisan), dan warna yang berbeda-beda. Namun, secara umum, semuanya baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan dalam batas wajar. Tak ada salahnya jika kamu bertanya kepada penjual jenis kurma apa yang ada di etalase mereka.

2. Perhatikan kondisi fisik kurma

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Kurma yang dijual di Indonesia umumnya kurma kering dengan kondisi fisik masih agak basah, lunak, dan cenderung tidak lengket. Kurma yang terlalu lengket ketika dipegang biasanya sudah dicampur dengan pemanis, seperti gula atau sirup, dan tak jarang ada barisan semut yang datang mengerubunginya.

Selain itu, hindari membeli kurma yang terlalu berkerut. Beberapa jenis kurma memang ada yang berkerut, tapi kerutannya wajar dan ketika dipegang tidak keras. Kerutan yang terlalu banyak dan keras biasanya mengindikasikan kurma sudah lama.

3. Pilih kurma yang warnanya rata
7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Kurma yang bagus dan berkualitas biasanya warnanya kecokelatan, cenderung gelap. Ada pula yang terang. Pastikan kamu memilih kurma dengan warna yang merata, tidak pecah, dan tidak ada noda pada permukaannya. Beberapa penjual kurma menyediakan tester gratis untuk meyakinkan calon pembeli. Kamu bisa mencicipinya untuk mengetahui kualitas rasa dan tekstur kurma. Kurma yang masih bagus rasa manisnya khas dengan kadar sewajarnya.

5. Perhatikan kondisi tempat berjualan

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Apabila kamu membeli kurma kiloan atau kurma curah, perhatikan apakah penjual meletakkan penutup di atasnya ketika tidak ada pembeli. Hal ini untuk memastikan kurma tidak terkontaminasi debu dan serangga, seperti lalat, semut, atau kecoak.

Selain itu, pastikan penjual mengenakan sarung tangan atau alat khusus ketika mengambil kurma yang hendak kamu beli. Akan lebih baik lagi kalau kamu sendiri yang mengambilnya untuk memastikan kualitasnya, ya.

6. Teliti bagian kemasan kurma
7 Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus untuk Stok Bulan Puasa

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Beberapa kurma yang dijual di supermarket biasanya sudah dikemas dalam wadah khusus, baik itu berupa boks atau plastik (seperti makanan ringan). Pastikan kemasannya masih tertutup rapat, tidak rusak atau berubah bentuk. Kamu juga wajib membaca informasi pada kemasan, termasuk tanggal kedaluwarsa.

7. Pehatikan ukuran kurma per bijinya

Cara dan Tips Memilih Kurma yang Bagus Salah satu hal yang sering disepelekan banyak orang ketika membeli kurma adalah ukurannya. Kurma yang bagus berukuran rata-rata sebesar ibu jari orang dewasa atau sekitar 7,1 gram per biji. Ukuran tersebut berpengaruh pada kandungan gula di dalamnya.

Kebutuhan gula seseorang dalam sehari adalah 35-40 gram. Dengan memperhatikan ukuran, maka kamu pun tahu berapa biji jumlah kurma yang sebaiknya kamu konsumsi per harinya. Meski sehat, mengonsumsi kurma dalam jumlah berlebih juga tidak dianjurkan.

Itu dia tips memilih kurma yang bagus untuk stok Ramadan. Utamakan kualitas dan jangan sampai salah pilih agar kurma yang masuk ke tubuhmu bisa memberikan manfaat yang maksimal. Selamat menjalankan ibadah puasa, ya.

By Admin