• Sen. Mar 4th, 2024

6 Faedah Minyak Ikan buat Kesehatan Badan

ByAdmin

Jul 11, 2023
Minyak Ikan

6 Faedah Minyak Ikan buat Kesehatan Badan

Apa Anda sebelumnya pernah mengkonsumsi minyak ikan? Minyak ikan dibuat dari bermacam type ikan seperti tuna, makarel, salmon, serta sarden. diakui mempunyai pelbagai faedah untuk kesehatan lantaran memiliki kandungan asam lemak omega-3.

Apa itu asam lemak omega-3?

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak mendasar yang tidak bisa dibuat sendiri oleh badan. Secara prinsip asam lemak omega-3 terdapat di banyak sumber makanan dari laut serta sumber makanan nabati serta dipisah jadi dua sisi. Yang pertama yakni asam eicosapentaenoic (EPA) yang terdapat banyak di berapa ikan laut. Yang ke-2 yaitu asam docosahexaenoic (DHA) yang ada pada retina mata manusia, sperma, serta otak. Sekitar 40% otak manusia memiliki kandungan lemak tidak suntuk jamak, termasuk DHA. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan jika asam lemak omega 3 berefek pada kejeniusan anak. Beberapa kegunaan asam lemak omega-3 yang baru disebut ada dalam minyak ikan.

Fungsi memakai minyak ikan

Beberapa studi sudah menyebutkan kalau banyak fungsi yang didapat dari memakai minyak ikan. Tersebut ini daftarnya.

1. Menolong pasien multiple sclerosis

Multiple sclerosis sebagai penyakit yang menggempur skema saraf otak dan tulang belakang yang disebabkan pelbagai unsur efek negatif seperti autoimun, genetik, usia, dan type kelamin. Sebuah studi yang sedang dilakukan oleh Oregon Health and Science University menyebutkan kalau konsumsi waktu 3 bulan lebih memberi faedah yaitu menolong penyembuhan pengidap multiple sclerosis.

2. Tingkatkan kekuatan kognitif

Studi yang telah dilakukan di barisan lanjut usia, mendapati jika konsumsi bisa menolong melindungi manfaat kognitif (keahlian pokok buat melaksanakan dari yang simpel hingga yang susah), terpenting pada lanjut umur. Tidak hanya itu, orang yang biasa memakai miliki kebolehan kognitif yang lebih bagus dibanding grup yang tidak biasa memakannya.

3. Menahan pengurangan massa otot di pasien kanker

Pasien kanker yang lagi mengenyam penyembuhan rawan kehilangan massa otot. Sebuah eksperimen dikerjakan di pasien kanker yang lagi menempuh kemoterapi. Hasilnya ditemui kalau 16 pasien yang mengkonsumsi dengan teratur tidak alami pengurangan bobot badan. Dan di 24 pasien yang lain yang tidak mengkonsumsi, didapati kehilangan berat tubuh sejumlah 2,3 kg.

4. Menjaga dan tingkatkan kesehatan tulang

diyakini bisa jaga kepadatan tulang, masalah ini dipastikan pada uji-coba yang telah dilakukan pada tikus. Analisis itu memperbandingkan di antara pemberian asam lemak omega-3 serta asam lemak omega-6 pada tikus. Hasil yang didapat ialah tikus yang diberi asam lemak omega-6 miliki tulang yang tambah lebih ringkih serta mineral dalam tulang yang tambah sedikit diperbandingkan tikus yang dikasihkan asam lemak omega-3.

5. Buat perlindungan badan dari pencemaran

Nyatanya, minyak ikan punya kegunaan mempertahankan kesehatan jantung Anda dari pencemaran udara yang tinggi sekali terjadi di dalam tempat tinggal Anda. Sebuah analisis yang telah dilakukan di AS mengikutsertakan sekitar 29 orang dewasa yang sehat. Setelah itu orang dewasa itu dipisah jadi dua group, adalah golongan yang mengkonsumsi 3 gr waktu empat minggu dan grup yang tidak memakai  sama sekalipun. Ke-2 grup itu disuruh diam di lokasi yang terserang pencemaran udara waktu dua jam. Hasil yang didapat dari studi itu ialah group orang yang tidak memakai, mendapati semakin banyak pengaruh negatif diperbandingkan grup yang mengkonsumsi minyak ikan.

6. Sanggup mempertingkat resiko dari olahraga

Sama dengan yang kita ketahui, olahraga sebagai pokok utama buat mempertahankan kesehatan serta kesehatan badan. Bila Anda memakai minyak ikan, lantas mengerjakan olahraga, fungsi yang hendak diterima badan Anda bakal semakin banyak. Sebuah studi yang telah dilakukan di University of South Australia mengutarakan kenyataan tentang orang yang kerjakan olahraga 3x dalam 1 minggu sepanjang 12 minggu serta disertai konsumsi. Hasilnya yakni bisa turunkan bobot badan serta persentase lemak secara mencolok ke orang dengan adipositas. Sejumlah analisis lain pun menuturkan pelbagai faedah minyak ikan lain berikut ini.

Turunkan perkembangan sel kanker di kanker usus.

Turunkan efek negatif penampikan oleh badan di saat meniti transplantasi ginjal dan jantung.

Turunkan kandungan cholesterol pada darah.

Memperhatikan kesehatan jantung dan menghindari beberapa penyakit jantung.

Melindungi tekanan darah masih normal.

Menolong orang yang lagi mengenyam stres, Alzheimer, skizofrenia, serta masalah moral yang lain.

Peroleh faedah minyak ikan dari konsumsi ikan atau suplemen?

Badan tidak menciptakan asam lemak omega-3 maka dari itu untuk memperolehnya Anda mesti memakai makanan yang mempunyai kandungan omega 3 atau bahkan juga suplemen. Disamping minyak ikan, sesungguhnya omega-3 bisa diketemukan di sumber-sumber makanan nabati, seperti kacang walnut, kedelai, dan sayur berdaun hijau tua. Tapi, minyak ikan sendiri memiliki kandungan omega-3 model EPA serta DHA. Sementara omega-3 yang dari sumber pangan nabati cuman mempunyai kandungan type asam alpha-linolenic (ALA). Banyak analisis yang menyebutkan jika EPA dan DHA bisa lebih banyak faedahnya diperbandingkan asam lemak type ALA.

Lalu, berapa banyak Anda harus mengosumsi minyak ikan? Tidak ada standard yang mengendalikan kepentingan satu orang di omega-3. Tetapi, American Heart Association mereferensikan orang yang terserang penyakit jantung buat memakai 1 gr (EPA + DHA) /hari atau sama dengan 85 – 150 g ikan satu hari. Sementara itu 2 – 4 gr perhari dipandang bisa untuk turunkan persentase trigliserida di dalam darah. Disamping itu, Anda direkomendasi buat konsumsi ikan yang memiliki kandungan minyak ikan tinggi dibanding konsumsi suplemen minyak ikan.

 

BACA JUGA :  7 Faedah Sehat Buah Kelengkeng yang Sayang Dilewati

By Admin