• Sen. Mar 4th, 2024

5 Manfaat Pijat Ibu Hamil, Coba Lakukan di Rumah!

5 Manfaat Pijat Ibu Hamil, Coba Lakukan di Rumah!

Manfaat Pijat Ibu Hamil Banyak ibu hamil mengalami perubahan fisik yang dapat menimbulkan stress dan tidak nyaman. Salah satu cara untuk masalah tersebut yaitu dengan melakukan pemijatan selama kehamilan.

Pijat ibu hamil berbeda dengan pijat pada umumnya karena area pemijatannya tidak boleh sembarangan. Di Indonesia banyak berkembangnya inovasi terapi komplementer pijat hamil yang dilakukan oleh orang terlatih dalam bidangnya. Ayah juga dapat memijat ibu hamil di rumah dengan aman dan nyaman. Yuk, lebih kenal dengan pijat hamil!
5 Manfaat Pijat Ibu Hamil, Coba Lakukan di Rumah!

1. Manfaat pijat hamil

Manfaat Pijat Ibu Hamil Pijat saat hamil bisa menjadi pilihan untuk me time. Memfokuskan waktu sejenak untuk dirinya agar nantinya ibu merasa nyaman selama kehamilannya.

Termuat dalam jurnal Widya Kesehatan tahun 2019 dan jurnal Jurnal Sains Kebidanan tahun 2020 memaparkan manfaat yang diperoleh dari pijat hamil, yaitu:

  • Mengurangi ketegangan dari saraf dan otot;
  • Melancarkan peredaran darah;
  • Meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil;
  • Meningkatkan kualitas tidur;

Mengurangi kecemasan serta membuat ibu merasa bahagia.

2. Waktu tepat pijat hamil

Manfaat Pijat Ibu Hamil Waktu yang direkomendasikan untuk pijat hamil setelah usia kehamilan 13 minggu untuk menghindari terjadinya keguguran, ini dimuat dalam buku berjudul Buku Ajar Konsep Holistik Massage. Kurnia Dewiani dalam jurnalnya yang dimuat di Jurnal Kebidanan menyebutkan pijat hamil tepat diberikan pada trimester III terlebih bagi ibu hamil dengan keluhan nyeri pada punggungnya.

Jangan pijat ketika ibu mengalami mual, muntah, demam, dan kondisi tidak nyaman lainnya. Pemijatan bisa dilakukan kapan saja dengan durasi waktu yang diinginkan asalkan kondisi ibu dalam keadaan sehat.

3. Manfaat ayah memijat ibu hamil
5 Manfaat Pijat Ibu Hamil, Coba Lakukan di Rumah!

Manfaat Pijat Ibu Hamil Selama proses kehamilan ibu, ayah sangat berperan dalam membantu menenangkan kondisi fisik dan psikis seorang ibu. Dukungan ayah menciptakan rasa kepercayaan diri, bahagia, dan siapnya ibu dalam menjalani kehamilan.

Ayah saat memijat terdapat gerakan-gerakan seperti mengusap yang dapat meningkatkan ikatan atau bonding dengan ibu. Ibu akan merasakan mendapat dukungan oleh ayah dengan dipijat oleh pasangannya.

4. Cara aman dan nyaman ayah memijat untuk ibu hamil di rumah

Manfaat Pijat Ibu Hamil Pijat hamil pada dasarnya sama dengan pijat biasa. Perbedaannya terdapat pada penekanan pijat hamil yang lebih lembut dan menyesuaikan titik yang boleh dipijat.

Ayah dapat melakuan cara yang aman, seperti yang dijelaskan di buku Loving Pregnancy Massage tahun2020, antara lain:

  • Pemijatan daerah punggung: posisi ibu tidur miring dengan nyaman. Lakukan gerakan kedua tangan bagian ujung jari bawah mengusap (effleurage) secara berirama dan berulang dari bagian bawah punggung kearah atas.
  • Pemijatan daerah lengan: kedua tangan mengusap (effleurage) dari pergelangan tangan hingga bahu secara beriringan. Gerakan lainnya dapat berupa pijatan menggulung pada jari-jari tangan (finger roll) membuat ibu merasa nyaman.
  • Pemijatan daerah paha: posisi tangan mengepal dan buku jari digunakan untuk menggerus (chisel fist) bagian paha dari lutut menuju pangkal paha, bisa dengan dua tangan maupun satu tangan.

5. Area yang dihindari saat pijat hamil
5 Manfaat Pijat Ibu Hamil, Coba Lakukan di Rumah!

Sebaiknya hindari memijat bagian perut, meskipun diperbolehkan secara lembut. Area kaki juga sebaiknya dihindari karena terdapat beberapa titik yang tidak diperbolehkan.

Ayah dapat memberikan pijatan ternyaman untuk ibu selain di area kontraindikasi. Pemijatan ringan akan memberikan banyak manfaat untuk ibu dan janin.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa manfaat pemijatan akan lebih besar apabila dilakukan oleh pasangannya. Bentuk perhatian dan cinta dari pasangan lewat pemijatan akan membuat ibu semakin nyaman.

By Admin