• Sab. Sep 23rd, 2023

5 Manfaat Oat bagi Kesehatan, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

ByAdmin

Mar 19, 2023
5 Manfaat Oat bagi Kesehatan, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

Manfaat Oat bagi Kesehatan Beberapa studi menunjukkan bahwa oat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan di antaranya dapat menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan berat badan. Oat adalah karbohidrat dari famili serealia atau secara ilmiah dikenal dengan Avena Sativa. Berbeda dengan gandum, oat mengandung lapisan kulit ari dan bisa dikonsumsi secara langsung. Oat merupakan biji-bijian paling sehat yang bebas gluten dan kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.
5 Manfaat Oat bagi Kesehatan, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

1. Oat mengandung banyak nutrisi dan cocok untuk yang lagi diet

Manfaat Oat bagi Kesehatan Oat merupakan makanan yang mengandung berbagai nutrisi karena kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Oat juga memiliki kandungan protein dan lemak yang lebih tinggi dibanding dengan biji-bijian lainnya. Setengah cangkir (78 gram) oat kering mengandung :

  • Mangan: 63,91persen
  • Fosfor: 13,3 persen
  • Magnesium: 13,3 persen
  • Tembaga: 17,6 persen
  • Besi: 9,4 persen
  • Seng: 13,4 persen
  • Folat: 3,24 persen
  • Vitamin B1 (thiamin): 15,5 persen
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 9,07 persen
  • Sejumlah kecil kalsium, potasium, vitamin B6 (piridoksin), dan vitamin B3 (niasin)

Oat mengandung 51 gram karbohidrat, 13 gram protein, 5 gram lemak, dan 8 gram serat dalam 1 cangkir atau setara dengan 303 kalori. Ini cocok banget lho untuk kamu yang lagi diet.

2. Oat kaya akan antioksidan

Manfaat Oat bagi Kesehatan Oat mengandung senyawa antioksidan fenolik yang disebut dengan avenanthramidesAvenanthramides dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Molekul gas ini membantu memperlebar pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah menjadi lebih baik. Selain itu, avenanthramides memiliki efek anti radang dan anti gatal.

3. Oat mengandung serat larut dalam air yang disebut beta glucan (β-glucan)
5 Manfaat Oat bagi Kesehatan, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

Manfaat Oat bagi Kesehatan Oat kaya akan serat larut beta-glucan (β-glucan) yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat serat beta-glucan bagi kesehatan meliputi:

  • menurunkan LDL dan kadar kolesterol total
  • menurunkan gula darah dan respon insulin
  • meningkatkan rasa kenyang

meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

4. Oat dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol

Manfaat Oat bagi Kesehatan Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Salah satu faktor risiko utama adalah kolesterol darah yang tinggi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa serat beta-glucan dalam oat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (jahat). Beta-glucan dapat meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol dan mengurangi tingkat sirkulasi kolesterol dalam darah. Oat juga mampu melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi.

5. Oat dapat meningkatkan kontrol gula darah
5 Manfaat Oat bagi Kesehatan, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet

Manfaat Oat bagi Kesehatan Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes tipe 2. Kandungan beta-glucan dalam oat dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Demikian beberapa manfaat mengonsumsi oat bagi kesehatan tubuh, sangat banyak bukan? Kamu bisa mulai mengonsumsi oat untuk merasakan berbagai manfaatnya.

 

By Admin