• Sel. Apr 23rd, 2024

10 Makanan Unik Vietnam yang Bisa Menganakemaskan Lidah

ByAdmin

Jul 14, 2023
Vietnam

10 Makanan Unik Vietnam yang Bisa Menganakemaskan Lidah

Makanan unik Vietnam jadi satu diantara kulineran dari Asia yang kemunculannya di Indonesia kenal kembali. Vietnam yakni negara di Asia Tenggara yang terkenal akan kulineran uniknya. Makanan unik punya ciri-ciri spesifik yang antik maka dari itu tidak sama dari kulineran-kuliner ciri khas Asia yang lain.

Biasanya kulineran Vietnam punya gabungan sayur-sayuran. Diluar itu ada juga pemakaian daging, baik itu daging sapi sampai daging babi didalamnya. Sudah pasti ada beberapa makanan unik yang bisa diicip, tetapi ada sepuluh yang paling terkenal di dunia, ialah:

1. Pho

Pho

Makanan unik Vietnam terkenal yang pertama ialah pho. Makanan ini nyaris terus ada di tiap restaurant Vitenam. Pho telah jadi kulineran tradisionil yang telah ada masa ke-19. Pho ialah kulineran yang dibikin berbahan dasar mie putih yang disiram kuah kaldu. Di sisi atasnya dikasihkan sayatan daging sapi atau daging ayam. Sebagai pendamping bakal ada daun ketumbar serta tauge. Rasa dari pho termasuk renyah asin. Bila mau memperoleh rasa yang pedas, tenang saja lantaran ada sambal yang disajikan.

2. Banh Mi

Banh Mi

Disamping pho, ada banh mi yang juga terkenal. Di Indonesia, kita simpel menemui banh mi di restaurant. Banh mi yakni makanan unik yang dibikin dari roti baguette yang diisi sayatan acar kubis, wortel, daging, daun ketumbar, serta cabe. Kabarnya makanan ciri khas ini jadi hasil penyesuaian dari kulineran Perancis lantaran dahulunya negara dulunya pernah dijajah oleh negara Perancis. Perihal ini dapat disaksikan dari pemanfaatan roti baguette asal Perancis yang telah ada sejak mulai tahun 1920-an.

3. Banh Cuon

Banh Cuon

Makanan unik yang lain yang diolah metode dikukus atau direbus yakni banh cuon. Banh cuon merupakan kue beras kukus yang diisi sayur dan daging cincang. Kulineran ini rata-rata dihidangkan bersama dengan bawang goreng gurih pada sisi atasnya serta celupan sauce unik. Banh cuon kerap dijadikan snack atau makanan pembuka saat sebelum makan makanan besar yang mengenyangkan.

4. Banh Xeo

Banh Xeo

Banh xeo ialah makanan unik yang punya penampakan elok karena dikuasai warna kuning ceria. Banh xeo kerap dipanggil sebagai kue dadarnya sebab punyai bentuk. Kulineran ini dibentuk berbahan dasar tepung beras yang di gabung santan cair dan kunyit lalu diolah dadar. Selanjutnya dadar ini bakal dikasih isian udang dan iris-irisan daging yang ditumis bumbu lalu dikasihkan tambahan tauge.

5. Cao Lau

Sesudah itu, ada cao lau yang sering salah dikenal sebagai pho lantaran sama kulineran bahannya dasar mie putih unik Vietnam. Namun cao lau ini berlainan dengan pho karena bahan tambahannya ialah iris-irisan daging ayam, ikan, dalaman, daun selada, potongan jahe, serta daun ketumbar. Sebelumnya makannya, rata-rata cao lau ini dikasihkan sedikit sauce ikan serta perasan jeruk nipis hingga rasanya bertambah fresh.

6. Banh Kot

Banh Kot yakni makanan unik Vietnam yang termaksud dalam grup makanan ringan dan makanan pembuka. Karena kulineran ini punya jatah yang mini maka dari itu bisa dikonsumsi cuman pada sebuah gigitan saja. Banh kot yaitu pancake ala-ala yang dibentuk berbahan dasar tepung. Lantas, digabungkan udang serta sayur-sayuran. Rasanya termasuk sangatlah renyah dengan kesan wewangian udang yang harum.

7. Com Rang

Makanan unik Vietnam lalu com rang. Kulineran ini sesungguhnya ialah nasi goreng ciri khas Vietnam. Secara penampakan barangkali kulineran ini tak berlainan bila diperbandingkan nasi goreng biasanya yang berada pada Asia. Tetapi, saat Mam mencicipnya bakal ada ketaksamaan yang terasa sangat. Com rang gunakan bumbu minyak wijen, sauce tiram, lada, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabe hijau, dan garam. Untuk bahan tambahan yang dipakai ada bia hanoi sebagai macam sayur unik Vietnam.

8. Goi Cuon

Salah satunya makanan ciri khas Vietnam yang termashyur di dunia yakni gui cuon. Kulineran ini miliki penampakan elok karena mempunyai bentuk yang terbuka. Material dasar pembikinannya merupakan kulit lumpia ciri khas Vietnam yang kedepannya diisi udang rebus dan sayur-sayuran. Buat makannya, Mams tinggal mencelupkannya ke bumbu kacang unik Vietnam. Berkaitan beberapa bahannya diolah metode dikukus atau direbus, goi cuon kerapkali disebut nama saladnya Vietnam.

9. Banh Bao

Banh bao terhitung pada makanan ciri khas yang kerap menjadi oleh-olehan. Dari penampilanya, Mams dapat menyangka bila banh bao ini serupa dengan bakpao. Banh bao merupakan roti kukus unik yang ada isian telur puyuh utuh serta daging sapi atau babi cincang. Makanan ciri khas ini kerap dijadikan menu makan pagi sebab mengenyangkan. Disamping dikasih isian daging, banh bao ada juga yang mempunyai isian sayur-sayuran buat vegetarian.

10. Banh Cam

Waktu menyaksikan makanan unik ini pasti terkenang akan jajan tradisionil Indonesia yang namanya onde-onde. Penampakan dari banh cam dan onde-onde memanglah sama berupa bundar dengan sisi luar yang dibalur biji wijen putih. Banh cam ialah makanan unik yang dibikin berbahan dasar tepung ketan yang digabung kentang yang udah dikukus lalu dihancurkan.

Adonan ini bakal dikasih garam, baking powder, garam, serta sedikit gula. Seusai dibulatkan, banh cam diberi isian pasta kacang hijau dan dibalur biji wijen putih sebelumnya dimasak sampai masak. Bagaimana menurut Mams perihal makanan ciri khas Vietnam yang berada pada atas? Dari 10 kulineran ciri khas di atas, mana yang paling ingin dicoba sekarang ini?

 

BACA JUGA : 8 Liburan Kulineran Bangkok Street Food yang Wajib Dicoba

By Admin