• Sen. Jan 30th, 2023

8 MOTIVASI KERJA AGAR KITA NYAMAN DI KANTOR

MOTIVASI KERJA

MOTIVASI KERJA

Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) khususnya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) mempunyai tugas melayani dan memenuhi aspektasi stakeholders yang tidak akan pernah berhenti dalam memberikan pelayanan pada suatu titik capaian, mereka akan menuntut lebih dan lebih baik lagi atas kinerja yang kita capai, untuk itulah diperlukan berbagai inisiatif dan inovasi agar DJKN menjadi institusi pemerintah terbaik yang selalu mampu memenuhi aspektasi pemangku kepentingan/stakeholder.

Dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder sangat diperlukan semangat dalam bekerja dan motivasi kerja yang tinggi. Upaya untuk meningkatkan semangat kerja tidak terlepas dari motivasi. Motivasi yang berarti dorongan atau daya penggerak. Motivasi itu hanya diberikan kepada manusia, khususnya kepada para bawahan. Motivasi kerja begitu penting bagi yang ingin bertahan di suatu karier, untuk mengembangkan karier bahkan untuk mencapai jenjang karier yang lebih tinggi, tanpa motivasi kerja tidaklah mungkin akan mencapai prestasi kerja yang tinggi. Orang yang sukses adalah orang yang memiliki motivasi kerja yang tinggi.  Motivasi kerja yang dimiliki seseorang tentunya berbeda-beda dan juga berubah-ubah. Ada seseorang yang bekerja dengan semangat karena menginginkan penghasilan tambahan atau promosi jabatan, hal tersebut wajar-wajar saja. Motivasi kerjapun sering naik turun. Tidak selamanya kegairahan dalam bekerja berada pada titik maksimal. Kadangkala seorang pekerja mengalami penurunan gairah bekerja karena kejenuhan atau bisa saja karena sesuatu hal yang dihadapinya.

https://beritababe.com/motivasi-kerja/

Penyebab Menurunnya Motivasi Kerja

Motivasi kerja merupakan stimulus atau rangsangan bagi setiap pegawai untuk bekerja dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan motivasi yang tinggi kita akan lebih bersemangat dan bergairah dalam bekerja, namun tak dapat dipungkiri pada kenyataan banyaknya karyawan yang memiliki motivasi rendah atau menurun. Berikut ini beberapa penyebab yang menurunkan motivasi kerja sebagai berikut :

1. Tidak Puas Dengan Penghasilan
2. Lingkungan Kerja Yang Tidak Nyaman
3. Perlakuan Yang Tidak Adil
4. Beban Kerja Yang Berlebihan
5. Kurangnya Keterampilan
6. Tidak Punya Tujuan
7. Rutinitas

Cara Membangkitkan Motivasi Kerja
Berikut ini adalah cara untuk membangkitkan motivasi dalam bekerja dan cara mempertahankan motivasi sebagai berikut :
1. Reward / Hadiah
2. Membuat Tujuan
3. Melihat atau mendengar cerita orang yang sudah berhasil
4. Membaca Buku dan mengikuti seminar
5. Lakukan Outbond

https://beritababe.com/motivasi-kerja/

Cara Mempertahankan Motivasi Kerja
Adapun cara-cara mempertahankan motivasi dalam bekerja sebagai berikut :
1. Niatkan bekerja adalah ibadah
2. Bersyukurlah
3. Ingatlah kepada orang-orang yang bergantung kepada kita
4. Ingatlah manfaat yang bisa kita berikan pada orang lain.
5. Memberi semangat kepada orang lain.

Menurut Jansen H. Sinamo yang juga merupakan guru etos Indonesia telah merumuskan menajdi delapan etos kerja sebagai berikut :
1. Kerja adalah rahmat; Aku bekerja tulus penuh rasa syukur;
2. Kerja adalah amanah; Aku bekerja benar penuh tanggungjawab;
3. Kerja adalah panggilan; Aku bekerja tuntas penuh integritas;
4. Kerja adalah aktualitas; Aku bekerja keras penuh semangat;
5. Kerja adalah ibadah; Aku bekerja serius penuh kecintaan;
6. Kerja adalah seni; Aku bekerja cerdas penuh kreativitas;
7. Kerja adalah kehormatan; Aku bekerja tekun penuh keunggulan;
8. Kerja adalah pelayanan; Aku bekerja penuh pengabdian dengan kerendahan hati;

Motivasi kerja merupakan stimulus atau rangsangan bagi setiap pegawai untuk bekerja dalam menjalankan tugasnya. Dengan motivasi yang baik maka para pegawai akan merasa senang dan bersemangat dalam bekerja sehingga mengakibatkan perkembangan dan pertumbuhan yang signifikan pada diri organisasi. Motivasi dilaksanakan bukan dari atasan saja, tetapi juga dari diri sendiri yang mana motivasi tersebut diartikan sebagai keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan untuk melaksanakan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan yang diharapkan. Tidak ada alasan untuk tidak memiliki semangat dalam bekerja, apapun kondisinya dalam bekerja. Untuk membina motivasi diri dalam bekerja, awali dengan niat untuk beribadah, kemudian syukuri pekerjaan saat ini, dan miliki mental juara agar memiliki motivasi yang tinggi untuk memberikan yang terbaik.

Saran
Jadilah tipe manusia Climbers yang terus mendaki dan pantang menyerah, serta selalu berpikir positif dan terus melangkah mencapai puncak serta dapat melewati rintangan-rintangan yang menghadang dan berkeyakinan bahwa Tuhan selalu bersama. Maka kita akan selalu ikhlas, karena niat kita dalam melaksanakan pekerjaan semata-mata untuk mencari ridho Tuhan dan jangan pernah cepat berpuas diri, terus tingkatkan performa diri dan evaluasi apa yang sudah kita lakukan, karena sesungguhnya manusia yang terus memperbaiki diri dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya adalah manusia yang beruntung di muka bumi ini. Menurut Prof. Yohanes Surya (Penggagas Konsep Alam Semesta Mendukung/Mestakung): “Tidak ada orang yang bodoh. Yang Ada hanyalah orang yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik.”

BACA LAINNYA :
Empat Argumen Gerard Pique Pensiun 1

1 Kisah Pilu Siti Ariah, Sosok di Balik Legenda Hantu Si Manis Jembatan Ancol