• Jum. Feb 23rd, 2024

7 Obat Alami buat Menanggulangi Sakit Gigi Berlubang

ByAdmin

Jun 29, 2023
Sakit Gigi

7 Obat Alami buat Menanggulangi Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang jadi kasus pada gigi yang umum didapati di Indonesia. Jika tak diselesaikan baik, lambat-laun rasa sakitnya dapat tak terbendung. Kecuali meminum obat pengurang ngilu sembari tunggu berobat ke dokter, Anda bisa juga gunakan obat tradisionil untuk menyelesaikan sakit gara-gara gigi berlubang.

Apa pemicu gigi berlubang?

Pada umumnya, permasalahan gigi berlubang berasal dari asam yang menghancurkan gigi. Zat asam ini dibuat oleh bakteri yang mengkonsumsi gula dari tersisa makanan pada rongga mulut. Jika tidak dikerjakan baik, gigi berlubang bisa menimbulkan kompleksitas, satu diantaranya keadaan yang disebutkan oral fistula yang dapat berbuntut pada kematian.

Pemeriksaan sama dokter gigi dapat menanggulangi permasalahan ini sampai habis. Dokter akan periksa situasi gigi Anda buat memastikan perlakuan yang pas untuk menanggulangi gigi berlubang. Biasanya, dokter akan lakukan tambal gigi. Proses ini dilaksanakan bersihkan lubang pada gigi, lalu isi sela itu berbahan aman, seperti resin komposit.

Kadangkala sakit gigi berlubang dapat ada mendadak. Waktu tanda-tanda ini tiba, kemungkinan Anda tidak awalnya sempat untuk langsung cek ke dokter gigi. Karena itu dari tu, Anda dapat coba metode menyingkirkan sakit gigi berlubang dengan cara cepat serta alami saat sebelum bertandang ke dokter gigi.

Opsi obat natural untuk sakit gigi berlubang

Berita baiknya, Anda dapat gunakan beberapa bahan rumahan buat sebagai obat merasa sakit karena gigi berlubang. Beberapa obat alamiah atau tradisionil ini menghindari berlangsungnya pembusukan juga halangi pembangunan lubang pada gigi. Berikut di bawah ini adalah sejumlah obat sakit gigi berlubang tradisionil serta teknik memakainya.

1. Garam

Garam

Ya, Anda dapat memanfaatkan garam dapur sebagai obat natural sakit gigi berlubang. Garam mempunyai kandungan antiseptik dan antibakteri. Metode paling gampang ialah dengan menggunakan air garam jadi obat kumur. Perihal ini bakal menolong kurangi pembengkakan dan ngilu, menangani infeksi, dan menghalang kemajuan bakteri mulut.

Berikut langkah memanfaatkan garam buat menyembuhkan sakit gara-gara gigi berlubang.

Campurkan 1 sdt garam dalam satu gelas air hangat, lalu berkumurlah dengan larutan ini sampai sapu seluruhnya sisi mulut Anda waktu semenit.

Konsentrasikan berkumur di ruang yang ada gigi berlubang. Anda bisa lakukan penyembuhan ini 3x satu hari sampai tanda-tanda berhenti.

Disamping itu, Anda bisa pula menambahkan ½ sdt garam dan air lemon. Usapkan larutan ini sembari memijat gusi sepanjang beberapa saat, lalu berkumurlah bersama air hangat setelah itu.

2. Bawang putih

Bawang putih

Walaupun bawang putih membikin mulut berbau, bahan ini punyai karakter antibakteri serta sudah dipakai dengan cara temurun selaku obat tradisionil buat sakit gigi berlubang. Terkecuali itu, bawang putih menolong kurangi rasa ngilu yang tampil gara-gara gigi berlubang sekalian membuat gigi dan gusi jadi lebih sehat.

Mengenai, trik gunakan bawang putih dapat Anda kerjakan seperti di bawah ini.

Sajikan 3-4 biji bawang putih dan ¼ sdt garam, lalu campurlah.

Berikan paduan pada gigi yang berlubang atau terkena.

Diamkan sepanjang 10 menit saat sebelum berkumur sama air atau obat kumur alternatif. Kerjakan kedua kalinya satu hari di beberapa minggu buat kurangi kemajuan lubang gigi.

Seandainya mengenyam ngilu pada tempat gigi yang berlubang, Anda juga dapat menggosokannya minyak bawang putih buat menghilangkan kesan ngilu itu.

3. Licorice (akar manis)

Licorice (akar manis)

Sebuah pengamatan yang diedarkan dalam Journal of Wajar Products (2011), licorice alias akar manis diakui mempunyai faedah buat kesehatan gigi. Senyawa dalam akar manis, yaitu licoricidin serta licorisoflavan A, punyai karakter antibakteri berperan untuk menahan perkembangan bakteri yang memicu gigi berlubang. Tak itu saja, licorice selaku obat herbal sakit gigi berlubang pun bisa kurangi karies gigi. Berikut metode simpel pakainya.

Campurkan 1 sdk teh bubuk akar manis ke satu gelas air hangat.

Berkumurlah dengan larutan ini 4-5 kali satu hari untuk menolong menghilangkan sakit gigi.

Anda juga dapat memanfaatkan bubuk akar manis untuk menggosok gigi atau akarnya yang halus secara utuh sebagai sikat gigi.

4. Kunyit

Kunyit

Kunyit mempunyai kandungan vitamin C yang terdapat sifat antibakteri serta antiperadangan. Kegunaan yang dapat Anda dapatkan berbentuk kesehatan gusi dan menghalang gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Untuk mempraktikkan obat herbal tradisionil untuk sakit gigi berlubang ini, berikut ini langkah-langkah gampang yang bisa Anda lakukan.

Lunakkan kunyit atau campur bubuk kunyit dengan sedikit air sampai bersifat mirip pasta.

Beri pasta kunyit ini pada sisi gigi yang sakit.

Diamkan waktu beberapa waktu sebelumnya berkumur bersama air hangat.

Anda bisa juga memijat halus sisi gigi serta gusi yang sakit. Ulang penyembuhan ini sekali atau kedua kalinya satu hari hingga sampai tanda-tanda yang Anda rasa menyusut.

5. Cengkeh

Cengkeh

Karakter antiperadangan, analgesik, serta antibakteri yang dipunyai oleh cengkeh membuat menjadi satu diantara bahan yang terpenting buat menangani soal gigi dan rongga mulut. Tidak cuma itu, cengkeh menjadi obat sakit gigi berlubang tradisionil pun sanggup kurangi merasa sakit gigi serta menghindari penebaran lubang di gigi Anda

Di bawah ini teknik pemanfaatan cengkeh buat kurangi terasa sakit gigi berlubang.

Campur 2-3 tetes minyak cengkeh serta ¼ sendok teh minyak biji wijen.

Masukkan kapas di gabungan minyak itu serta tepok-tepuk pada ruang gigi yang berlubang.

Melakukan penyembuhan ini waktu malam hari saat sebelum tidur.

Alternative yang lain dapat dikerjakan yakni dengan kunyah cengkeh utuh sampai terekstraksi jadi minyak. Biarkan cengkeh itu di bawah lidah Anda sepanjang beberapa waktu.

6. Lidah buaya

Lidah buaya

Selainnya berfaedah untuk perawatan kulit serta rambut, Anda bisa juga memanfaatkan lidah buaya sebagai obat herbal sakit gigi berlubang. Menurut kajian yang diluncurkan pada Nigerian Journal of Clinical Practice (2019), gel lidah buaya mempunyai pembawaan antibakteri buat menantang bakteri pada rongga mulut. Tapi, studi seterusnya diperlukan buat mengenali berapa efisien lidah buaya dalam menolong kurangi bakteri penyebab lubang pada gigi.

Berikut trik memakai lidah buaya dapat Anda lakukan.

Mengambil daging lidah buaya serta lumatkan sampai mirip juice.

Berkumurlah seringkali satu hari buat kurangi jumlah bakteri dalam mulut.

Pikir buat memanfaatkan bubuk lidah buaya untuk menggosok gigi Anda.

7. Oil pulling

Oil pulling

Bila umumnya Anda berkumur dengan obat kumur, oil pulling sebagai tehnik berkumur dengan minyak. Penyembuhan Ayurveda yang dari budaya India ini sudah dipakai sejak mulai beratus-ratus tahun saat lalu. Fungsi yang dijajakan dari obat alamiah sakit gigi berlubang ini berbentuk detoksifikasi oral. Anda dapat gunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun.

Teknik ringan untuk kerjakan tehnik oil pulling ialah berikut ini.

Mengambil 1 sdk makan minyak dan pakai untuk berkumur sepanjang 20 menit, lalu ludahkan serta jangan sempat menelannya.

Membersihkan mulut Anda bersama air hangat dan sikat gigi pada umumnya sesudahnya.

Ulang waktu pagi hari, terpenting waktu perut masih kosong.

Biarpun obat sakit gigi berlubang tradisionil di atas efisien menurunkan kesan tak nyaman pada mulut, bukan bermakna situasi pulih semuanya.

Selekasnya dengar pendapat sama dokter gigi untuk memperoleh analisis serta perawatan yang akurat. Setelah itu, ingat buat melaksanakan perawatan mulut dan gigi secara teratur. Soal ini dapat Anda laksanakan dengan menggosok gigi kedua kalinya satu hari, memakai obat kumur dan benang gigi, dan cek ke dokter gigi tiap-tiap 6 bulan sekali.

 

BACA JUGA YAH :  8 Fungsi Kolang-kaling, Jauhkan Penuaan sampai Pelapukan Tulang

By Admin