• Jum. Mar 24th, 2023

5 Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari,Tingkatan PD

5 Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari,Tingkatan PD

Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari solusi untuk dapat menjalani rutinitas dengan baik adalah memiliki self efficacy. Dikutip dari jurnal Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self Efficacy dan Kinerja, self efficacy merupakan kepercayaan seseorang terhadap kemampuannya untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Membangun self efficacy di pagi hari sangatlah penting, hal ini menjadikan kita lebih percaya diri serta rasional untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang kamu miliki. Nah, berikut adalah lima langkah membangun self efficacy di pagi hari. Yuk, simak ulasannya!
5 Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari,Tingkatan PD

1. Hindari memegang HP di pagi hari

Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Salah satu kebiasaan yang seringkali kita lakukan yang nyatanya dapat menurunkan self efficacy yang kita miliki adalah membuka HP selepas bangun tidur. Entah sadar atau tidak, membuka media sosial ketika bangun tidur sudah menjadi kebiasaan mayoritas orang di pagi hari. Nyatanya, hal ini dapat menjadi pemicu menurunnya self efficacy yang kita miliki.

Beragam notifikasi yang muncul di pagi hari tidak jarang menjadikan kita overthinking dalam menjalani hari. Beragam post akan kebahagiaan serta pencapaian orang lain dalam media sosial tidak jarang menjadi pemicu munculnya sikap membanding-bandingkan yang berujung turunnya rasa percaya diri. Hentikan kebiasaan ini, ya!

2. Membuat to-do-list harian

Terlalu banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan dan hadapi tidak jarang menimbulkan kecemasan serta turunnya rasa percaya diri yang kita miliki. Berbagai pertanyaan seperti  ‘bisakah aku menyelesaikannya dengan baik’ seringkali melintas di pikiran kita. Tentunya membuat to-do-list harian menjadi langkah tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Catat segala pekerjaan atau aktivitas yang harus kamu selesaikan hari ini. Urutkan berdasarkan skala prioritas. Melihat rutinitasmu yang terstruktur akan sangat membantu meningkatkan self efficacy yang kamu miliki. Rutinkan, ya!

3. Merutinkan olahraga pagi
5 Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari,Tingkatan PD

Merutinkan melakukan olahraga di pagi hari dapat meningkatkan self efficacy yang kamu miliki. Tidak perlu durasi yang lama maupun olahraga yang berat-berat, melakukan jogging selama 10 hingga 20 menit maupun bersepeda di sekitar rumah sudah sangat membantu meningkatkan self efficacy pada dirimu.

Tidak hanya itu, 10 hingga 20 menit yang kamu luangkan untuk berolahraga akan menjadikan tubuhmu merasakan manfaatnya sepanjang hari. Beragam manfaat yang terdapat dalam olahraga merupakan salah satu investasi jangka panjang pada tubuh, bukan?

4. Sarapan sebelum beraktivitas

Salah satu aktivitas yang memiliki beragam manfaat namun seringkali diabaikan adalah sarapan. Sarapan yang kita lakukan dapat meningkatkan self efficacy yang kita miliki. Merutinkan sarapan di pagi hari memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan konsentrasi serta kemampuan memori hingga menjadikan mood lebih baik.

Tidak hanya itu, mengonsumsi sarapan juga meningkatkan rasa percaya diri yang dimiliki Hal ini dikarenakan dengan sarapan kebugaran serta kesehatan kita akan lebih baik serta lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Jangan skip-skip lagi, ya!

5. Meditasi
5 Cara Membangun Self Efikasi di Pagi Hari,Tingkatan PD

Tidak haru dengan durasi yang lama, 10 menit yang kamu luangkan untuk meditasi dapat membangun self efficacy pada dirimu. Melalui meditasi yang kamu lakukan, dapat mengendalikan pikiran-pikiran negatif yang menjadi penyebab kurangnya rasa percaya diri yang kamu miliki.

Tidak hanya itu, meditasi yang kamu lakukan dapat membuat pikiranmu lebih fokus terhadap tujuan yang hendak kamu capai. Yuk, mulai rutinkan. Tidak harus dengan durasi lama, kok!

Kamu bisa coba melakukan lima cara dalam membangun self efficacy di pagi hari. Lakukan dengan rutin supaya bersemangat serta lebih percaya diri dalam menjalani rutinitas harian!