• Ming. Mar 3rd, 2024

10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

ByAdmin

Feb 17, 2023 #Jerawat
Jerawat

10 Cara Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Mengetahui bagaimana cara mengatasi jerawat dengan benar sesuai anjuran medis, akan menentukan berapa cepat Anda akan bebas dari jerawat. Kesalahan dalam cara mengatasi jerawat bisa menyebabkan wajah penuh dengan nanah, bisul-bisul, cacat atau bopeng bahkan sampai mengalami infeksi berat yang memerlukan perawatan di rumah sakit.

Untuk itulah, mengatasi jerawat tidak bisa sembarangan agar bekasnya dapat hilang. Hal ini karena jerawat merupakan kelainan yang dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling kait mengait.

“Cara menghilangkan jerawat tak harus selalu melalui obat-obatan. Terdapat beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu mengatasi bekas jerawat. Contohnya seperti putih telur, air perasan lemon, bawang putih, hingga madu.”

Jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi di kalangan remaja. Bahkan, masalah yang satu ini bisa saja mengikuti sampai seseorang telah beranjak dewasa. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami.

1. Putih Telur

Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lysozyme yang ampuh digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Cara dengan memisahkan putih telur dari kuningnya dan dicampur dengan air perasan lemon. Aplikasikan pada wajah seperti masker, kemudian diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang berperan sebagai pembasmi pada kulit. Jika kamu rutin menggunakannya, bahan alami yang satu ini mampu menghilangkan secara menyeluruh. Caranya dengan memakai masker dari gel lidah buaya, kemudian diamkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih.

3. Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat sulfur yang dipercaya dapat menghilangkan secara cepat. Caranya dengan memotong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil, kemudian tempelkan pada jerawat atau bekas . Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

4. Air Perasan Lemon

Lemon mengandung asam askorbat tinggi yang ampuh untuk menghilangkan membandel. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

5. Mentimun

Mentimun mengandung antioksidan tinggi, vitamin, dan asam amino di dalamnya. Kandungan-kandungan ini dapat digunakan sebagai penghilang jerawat secara alami. Aplikasikan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih.

6. Madu

Siapa yang tak kenal khasiat baik yang terkandung dalam madu? Bahan alami yang satu ini ternyata dapat digunakan sebagai penghilang secara alami. Caranya adalah dengan mengaplikasikan madu pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

7. Cuka Apel

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri . Caranya dengan mengoleskan cuka apel pada wajah menggunakan kapas, lalu diamkan selama lima menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

8. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang dapat menghilangkan secara alami. Caranya dengan mengoleskan tomat yang telah dipotong pada wajah secara merata, lalu diamkan selama setengah jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang mampu mengangkat sel kulit mati . Gunakan pepaya sebagai masker alami wajah, kemudian diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air bersih.

10. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang mampu mengurangi peradangan pada kulit. Caranya dengan menghaluskan alpukat, kemudian aplikasikan pada wajah sebagai masker. Kamu dapat mencampurnya dengan madu. Diamkan selama setengah jam dan bilas dengan air bersih setelahnya.

Adanya jerawat akan membuat rasa risih dan gemas untuk memencetnya. Namun, jika hal ini kamu lakukan saat tangan sedang kotor, yang ada kotoran pada tangan malah menyumbat pori-pori dan membuat semakin parah.

Kenali faktor penyebab timbulnya jerawat

Jerawat adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak (kelenjar sebasea). Biasanya, akan muncul di muka, leher, dada atas, punggung dan lengan atas. Kelainan ini sering diderita oleh kaum remaja dan terkadang oleh orang dewasa. Timbulnya dipicu oleh beberapa faktor seperti:

Faktor genetik atau keturunan

Faktor hormonal, hormon yang berperan timbulnya jerawat adalah hormon androgen. Oleh sebab itu jerawat sering diderita oleh anak remaja yang fungsi hormonnya mulai aktif bekerja, serta ketika sebelum dan sesudah menstruasi. Kosmetik, terutama yang kadar lemaknya tinggi seperti pelembab atau moisturizing, night cream, dan foundation serta
pemakaian scrub sering memperburuk kelainan ini.

Makanan yang banyak mengandung lemak seperti kacang-kacangan, coklat, mentega, keju, goreng-gorengan, daging kambing, daging babi, makanan yang banyak bumbu seperti sambal, makanan bersantan, serta buah duren, mangga, alpukat, nangka, dan sebagainya.

Kebersihan wajah yang kurang
Kurang tidur atau kurang istirahat
Stres, gelisah, cemas, terlalu khawatir.
Kesulitan buang air besar

Sering memegang, memencet, atau menggosok . Semakin sering dipegang atau dipencet, akan semakin membesar, memburuk, serta dapat meninggalkan cacat yang sangat buruk berupa bopeng atau keloid.
Pergesekan rambut atau pemakaian handuk secara kasar.

Semua faktor-faktor tersebut tidak dapat dihilangkan secara langsung dalam waktu singkat dan tidak semua faktor tersebut dapat dihilangkan secara tuntas. Oleh sebab itu, pengobatan jerawat tidak dapat mencapai hasil maksimal dalam waktu singkat dan bersifat berkelanjutan.

BACA JUGA YA :  9 Faedah Daun Kelor demi Kesehatan

By Admin