• Sen. Mar 4th, 2024

Berikut ini 5 Faedah Lengkuas buat Kesehatan

ByAdmin

Jul 27, 2023
Lengkuas

Berikut ini 5 Faedah Lengkuas buat Kesehatan

Lengkuas sering menjadi bumbu masakan ciri khas Indonesia serta Asia. Bukan hanya dapat menyedapkan rasa makanan, terdapat beberapa pula fungsi buat kesehatan. Itu pemicunya, bumbu dapur yang serupa jahe ini pula kerap dipakai jadi bahan obat tradisionil. Sepanjang bertahun-tahun, udah jadi tanaman obat untuk menangani atau menghalang beberapa jenis penyakit. Faedah sebagai obat tradisionil tak disangsikan kembali sebab rempah ini dikenali memiliki kandungan banyak senyawa penting yang berfaedah untuk kesehatan, seperti galangin, asam felonik, polifenol, dan flavonoid.

Kandungan lengkuas

yakni akar dari tanaman Alpinia officinarum yang datang dari Asia Selatan. Tanaman yang berkerabat dengan jahe ini berperan menjadi penyedap alami masakan dan pemusnah berbau ayam dan daging. Kandungan gizinya juga tidak selisih jauh dengan rempah jahe. sejumlah 100 g punya kandungan energi serta zat nutrisi berikut ini.

Energi: 26 kkal.

Protein: 1 gr (g).

Lemak: 0,3 g.

Karbohidrat: 4,7 g.

Serat: 1,1 g.

Vitamin A: 5.000 mikrogram (mcg).

Tiamin (vitamin B1): 0,08 miligram (mg).

Riboflavin (vitamin B2): 0,06 mg.

Niasin (vitamin B3): 0,3 mg.

Vitamin C: 50 mg.

Kalsium: 50 mg.

Fosfor: 50 mg.

Zat besi: 2 mg.

Natrium: 24 mg.

Kalium: 137 mg.

Zink: 0,3 mg.

Lengkuas pula sebagai sumber bermacam anti-oksidan serta zat fitokimia yang berfaedah untuk badan. Beberapa salah satunya yakni beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol.

Ini Fungsi Lengkuas

Lengkuas tak hanya membuat masakan terasa lezat, tapi berpotensi memberikan tubuh Anda khasiat di bawah ini. Faedah lengkuas untuk kesehatan ada bervariasi, salah satunya:

1. Menurunkan ngilu persendian

Lengkuas diperkira dapat menurunkan ngilu persendian, umpamanya di kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Sama jahe serta kunyit, lengkuas pun memiliki kandungan senyawa kimia antiradang yang bisa menolong menurunkan pembengkakan yang memicu ngilu persendian. Sebuah riset yang telah dilakukan di pasien osteoartitis lutut memperlihatkan jika konsentrat jahe dan dapat menghilangkan ngilu lutut yang ada waktu berdiri, bila dimakan tiap hari. Tapi, perlu dikerjakan kajian seterusnya untuk ketahui efektifitas menjadi obat antinyeri.

2. Menambah kesuburan pria

Konsumsi pun dipercaya bisa menambah kesuburan pria. Suatu pengamatan yang sedang dilakukan sepanjang tiga bulan terhadap pria dengan kualitas sperma jelek, memperlihatkan kalau suplemen yang ada kandungan bisa menolong menambah mutu sperma. Meskipun begitu, penelitan ini tak murni gunakan saja, dan juga memanfaatkan bahan lain, adalah buah delima. Karena itu, study seterusnya butuh dikerjakan pada faedah ini.

3. Turunkan persentase gula darah serta cholesterol

Konsumsi lengkuas pula dipercayai bisa menahan penyakit diabetes type 2 dan jantung. Faedah ini kemungkinan didapat atas kandungan anti-oksidan polifenol yang bisa turunkan persentase gula darah dan cholesterol jahat pada tubuh.

4. Membunuh dan menghalangi perubahan bakteri dan virus

Analisis memperlihatkan kandungan galangin dalam mempunyai potensi membatasi perubahan virus Corona. Disamping itu, konsentrat disebutkan punya kandungan antimikroba yang bisa terbuktikan bisa mematikan bakteri pemicu bermacam ragam penyakit. Meskipun begitu, beberapa fungsi itu penting untuk dicermati seterusnya.

5. Kurangi efek negatif terserang kanker

Kecuali beberapa kegunaan di atas, lengkuas pula disangka menolong menyembuhkan serta menghalang penebaran sel kanker, seperti kanker kolon, kanker serviks, serta kanker payudara. Tentu saja, masih diperlukan bukti serta analisis selanjutnya tentang manfat lengkuas yang satu berikut. mempunyai rasa yang agak pedas, akan tetapi tidak sepedas jahe. Untuk mendapat beberapa kegunaan itu, Anda dapat menambah rempah ini ke makanan, membuat teh melalui cara direbus, atau memasukkannya ke racikan jamu.

Biarpun bisa dijadikan obat tradisionil buat menanggulangi dan menghambat beberapa penyakit, semestinya tidak boleh cuman mempercayakan lengkuas untuk menanggulangi penyakit yang Anda penderitaan tanpa ada konsultasi sama dokter. Disamping fungsi lengkuas masih memerlukan dinyatakan, rempah ini pun diperkira bisa sebabkan beberapa efek, seperti pengurangan hasrat makan, membuang air kecil terlalu berlebih, atau diare, bila dimakan pada jumlah berlebih . Sehingga, saat sebelum mengkonsumsi lengkuas jadi penyembuhan alternative, Anda semestinya bertanya terlebih dulu sama dokter, bila terlebih Anda punyai situasi klinik khusus. Dokter bisa memberinya perlakuan dan petunjuk konsumsi lengkuas sesuai sama keadaan Anda.

 

BACA JUGA : 10 Faedah Minuman Jahe buat Kesehatan dan Teknik Membuat

By Admin