• Sab. Mar 2nd, 2024

9 Fungsi Buah Manggis, Termasuk Turunkan Berat Tubuh

ByAdmin

Mei 31, 2023
Manggis

9 Fungsi Buah Manggis, Termasuk Turunkan Berat Tubuh

Buah manggis yakni buah tropis dari Asia. Macam buah berikut nama latin Garcinia mangostana ini punya rasa yang manis serta asam yang unik. Gak cuma sedap dikonsumsi, buah manggis miliki banyak fungsi untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi buah manggis

Setahun lebih terakhir, faedah kulit buah manggis jadi popular lantaran pemakaiannya menjadi obat herbal. Tidak cuma kulit, semuanya sisi dari buah pun punya kandungan zat nutrisi yang berguna buat badan Anda. Dikutip dari Data Konstruksi Pangan Indonesia, berikut di bawah ini kandungan nutrisi dari 100 gr buah manggis mentah.

Air: 83 gr (g).
Energi : 63 kal
Protein: 0,6 g.
Lemak: 0,6 g.
Karbohidrat: 15,6 g.
Serat: 1,5 g.
Abu:; 0,2 g.
Kalsium: 8 miligram (mg).
Fosfor: 12 mg.
Zat besi: 0,8 mg.
Natrium: 10 mg.
Kalium: 61,9 mg.
Tembaga: 0,10 mg.
Seng: 0,1 mg.
Vitamin C: 5 mg.
Vitamin B1: 0,03 mg.
Vitamin B2: 0,03 mg.
Niasin: 0,3 mg.

Manggis memiliki kandungan xanthones, salah satunya ragamnya gartanin. Ini merupakan senyawa bioaktif dalam tanaman yang punyai pembawaan anti-oksidan.

Apa faedah dari buah manggis?

Kandungan nutrisi buah ini bisa menolong memenuhi kepentingan nutrisi dan mempertingkat kesehatan badan. Berikut daftar kapasitas kegunaan memakai buah manggis.

1. Menolong turunkan bobot badan

Faedah yang paling populer dari buah manggis ialah menolong turunkan bobot badan. Study yang diberitakan di Journal of medicinal food di 2016 temukan kalau, tikus yang konsumsi konsentrat manggis alami pengurangan berat tubuh secara berarti diperbandingkan yang tidak memakannya. Tetapi, kajian awal mulanya pada juga manusia katakan, orang yang konsumsi 90-270 ml juice 2x satu hari condong punyai index massa badan (BMI) yang tambah lebih rendah. Banyak periset percaya effect antiinflamasi dari senyawa xanthone bisa kurangi infeksi pada personal yang mengenyam berat badan yang berlebih, maka dari itu fungsi ini dapat tampak.

2. Memeriksa persentase gula darah

Bermacam analisis perihal buah temukan realitas jika senyawa xanthone dan serat didalamnya bisa menolong jaga kandungan gula darah. Antara lainnya, yakni study di tahun 2018 yang dikabarkan di jurnal Nutrients. Study itu mendapatkan bukti jika wanita kegemukan yang konsumsi 400 mg konsentrat tiap-tiap hari alami pengurangan kekuatan insulin yang penting. Mengenai kekebalan insulin sebagai satu diantara variabel resiko kandungan gula darah tinggi sampai diabetes.

3. Menaikkan metode kekuatan tubuh

punya kandungan vitamin C serta serat, yang ke-2 nya penting untuk prosedur kekuatan tubuh manusia. Vitamin C miliki pembawaan anti-oksidan dan bertindak buat tingkatkan manfaat sel kekuatan, maka bisa kurangi dampak penyakit.

Sementara serat bertindak dalam skema pencernaan, yang sebagai bagian penting dalam ketahanan badan manusia. Gak cuma vitamin C dan serat, faedah buah ini pun bisa dirasa karena karakter antibakteri pada senyawa bioaktif di dalamnya. Senyawa ini bisa menolong menantang bakteri yang beresiko, yang dapat menyebabkan pelbagai penyakit.

4. Mempertahankan kesehatan kulit

Gak cuman menantang penyakit, resiko anti-oksidan serta antibakteri pada buah pun bisa menolong mempertahankan kesehatan kulit. Masalah ini ditunjukkan lewat suatu analisis kecil yang dipublikasi di journal of clinical biochemistry and nutrition.

Riset itu mendapati kenyataan jika, satu orang yang mengkonsumsi konsentrat 100 mg sehari-hari miliki fleksibilitas kulit yang lebih bagus. Dia pula alami pengurangan senyawa yang mengakibatkan penuaan kulit seusai konsumsi konsentrat buah itu.

5. Menghambat penyakit kanker

Selainnya faedah-khasiat di atas, kegunaan buah yang lain yang tersohor untuk menghambat penyakit kanker.

Karenanya senyawa xanthones dalam buah manggis dipercaya mempunyai karakter antikanker, anti-oksidan, serta antiinflamasi yang bisa menolong menentang kemajuan serta penebaran sel kanker.

Biarpun sudah dikerjakan beberapa pengamatan terkait manfaat buah manggis ini, tapi hasilnya pada manusia masih terbatas.

Oleh karenanya, diperlukan riset selanjutnya berkaitan dampak buah sebagai pencegah kanker pada manusia.

6. Menghilangkan radang persendian

Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa analisis di laboratorium dan di hewan membuktikan kalau manggis punya resiko antiinflamasi yang kuat. Maka dari itu, buah ini kerap dimaksud bisa menolong kurangi pembengkakan serta ngilu di pasien artritis (radang persendian). Soal ini memang tidak semuanya dapat dibuktikan di manusia. Tetapi, menurut pengamatan terbitan PeerJ (2019), senyawa bioaktif xanthones di buah bisa menantang infeksi dan membuat perlindungan pelbagai organ badan, tergolong persendian.

7. Memperhatikan kesehatan jantung

Kegunaan buah manggis yang lain yang sayang ditinggalkan yaitu untuk mempertahankan kesehatan jantung. Perihal ini ditunjukkan lewat beberapa analisis yang sedang dilakukan pada hewan. Antara lainnya yaitu pengamatan yang diterbitkan di jurnal BMC complementary and alternatif medicine pada 2016.

Menurut riset itu, polifenol di buah bisa turunkan takaran trigliserida serta cholesterol jahat dan menaikkan cholesterol baik di tikus. Oleh karenanya, buah ini dipercayai dapat kurangi resiko penyakit jantung. Walaupun begitu, diperlukan analisis kelanjutan untuk memberi bukti di manusia.

8. Memperhatikan kesehatan otak dan psikis

Tidak sekedar jantung, sejumlah study juga memperlihatkan jika buah punya faedah buat mempertahankan kesehatan otak.
Buah ini disebutkan dapat kurangi infeksi di otak dan menolong penyembuhan problem moral tertentu di tikus.

Menjadi contoh, study dalam Psychiatry (2019) katakan, senyawa anti-oksidan pada buah manggis (antara lainnya xanthones) bisa jadikan penyembuhan tambahan buat sebagai obat masalah bipolar serta skizofrenia. Disamping itu, study lain menuturkan, tanda-tanda stres di tikus bisa terbuktikan makin membaik dengan pemberian konsentrat buah manggis. Bahkan juga, resikonya seperti sama obat antidepresan imipramine.

9. Memperhatikan kesehatan pencernaan

Buah manggis yaitu salah satunya makanan tinggi serat yang penting Anda konsumsi. Karenanya dengan mengkonsumsi serat, kesehatan pencernaan Anda bakal terbangun dan Anda lantas lolos dari pelbagai penyakit di prosedur pencernaan. Institute of Medicine (IOM) menganjurkan seharusnya Anda mengkonsumsi seputar 19-38 gr serat perhari agar bisa menolong memperhatikan kesehatan pencernaan. Selainnya dari manggis, Anda bisa pula penuhi keperluan serat dari makanan yang lain, seperti sayur.

 

BACA JUGA YAH : Musuh Infeksi sampai Virus, Ini 10 Faedah Buah Matoa

By Admin