• Sab. Apr 20th, 2024

9 Fungsi Air Tebu, Terhitung buat Kesehatan Kulit serta Ginjal

ByAdmin

Agu 2, 2023
Tebu

9 Fungsi Air Tebu, Terhitung buat Kesehatan Kulit serta Ginjal

Air tebu yang manis serta dingin menjadi minuman terunggul untuk berikan kesegaran diri pada cuaca yang panas. Gak cuma melegakan tenggorokan, kandungan air tebu terdiri dari vitamin sampai mineral yang berikan fungsi untuk badan Anda. Air ialah minuman manis alami yang dibikin langkah memerah tangkai. Sari yang terkumpul lalu disaring lebih dahulu sebelumnya dimakan. Anda bisa membuat sendiri atau beli dengan cara botolan atau di pedagang kaki lima. Walau adalah bahan baku gula pasir yang biasa dimakan, minuman air dapat di sebut lebih bikin sehat dibanding air gula biasa. Ini lantaran memiliki kandungan zat nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serta mineral.

Segelas air tebu sejumlah 240 mililiter punyai kandungan nutrisi sebagaimana berikut.

Kalori: 183 kkal
Protein: 0 gr
Lemak: 0 gr
Gula: 50 gr
Serat: 0 – 13 gr

Merilis buku Sugarcane Biotechnology: Challenges and Prospects, perasan punya kandungan vitamin A, B1 sampai B6, C, serta E. Selainnya vitamin, satu gelas air pula memberinya badan beraneka mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Apabila Anda cari minuman atau makanan sebagai sumber anti-oksidan, air jadi diantaranya. Menurut sebuah analisis pada 2014, minuman ini kaya anti-oksidan berwujud asam fenolat, quercetin, caffeic acid, serta ellagic acid.

Kegunaan air tebu untuk kesehatan

Berikut sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi air tebu.

1. Menjaga kesehatan kulit

Air tebu mempunyai kandungan asam glikolat, satu diantaranya anti-oksidan yang membuat perlindungan kulit dari kerusakan gara-gara radikal bebas. Atas faedah ini, konsumsi airdipercayai menolong menanggulangi radang, membenahi penampakan kulit, dan kurangi tandanya penuaan.

2. Mengontrol kepadatan tulang

Mineral seperti kalsium, fosfor, serta magnesium di air sebagai bagian penting yang menolong menguatkan tulang. Dengan tulang yang padat dan kuat, Anda semakin lebih terjaga dari resiko pelapukan tulang atau osteoporosis.

3. Turunkan cholesterol

Beberapa study memperlihatkan konsumsi airmurni mempunyai faedah di dalam turunkan cholesterol LDL serta trigliserida. Perihal ini akan membuat perlindungan kesehatan jantung Anda serta punya potensi turunkan efek negatif penyakit jantung bersamaan pertambahan umur.

4. Menolong biar tidur lebih lelap

Kandungan asam amino di air dipercaya bisa menyamakan jumlah hormon depresi pada badan. Diluar itu, badan pula mengganti asam amino jadi sejumlah senyawa yang menolong Anda tidur lebih pulas, seperti melatonin serta triptofan.

5. Mengatur tekanan darah

Kandungan kalium pada air dapat kurangi kemelut pada pembuluh arteri. Ini bukan sekedar berfaedah untuk mengendalikan tekanan darah, dan juga memiliki potensi turunkan resiko pengentalan pembuluh, penyakit serangan jantung, dan stroke.

6. Memperkokoh ketahanan badan

Minum air faedah buat metode ketahanan badan Anda. Ini lantaran vitamin C pada air dapat menstimulasi kerja sel darah putih yang dimaksud limfosit dan fagosit. Ke-2 nya berperanan penting saat menantang gempuran infeksi.

7. Faedah air tebu untuk ginjal

Air terdapat sifat diuretik, yang bermakna menambah produksi urine hingga membikin Anda amat sering kencing. Ini bermanfaat buat badan sebab kerja organ ginjal bertambah lebih efisien. Disamping itu, urine pula bawa keluar pengendapan mineral di atas aliran kemih.

8. Alternatif gula pasir

Biarpun mempunyai kandungan gula, air punya index glikemik (IG) rendah. Makanan ber-IG rendah tak tingkatkan gula darah dalam waktu cepat hingga condong semakin aman. Tapi, bila Anda menanggung derita diabetes model 2, seharusnya komunikasikan ini terhadap dokter.

9. Meningkatkan energi

Tebu mempunyai kandungan glukosa serta beragam mineral. Glukosa merupakan sumber energi untuk badan yang khusus. Sedangkan, mineral menolong proses perombakan glukosa jadi energi dan memajukan pergerakan metabolisme.

Janganlah minum air tebu dengan terlalu berlebih

Air tebu benar-benar memberinya banyak fungsi untuk kesehatan. Akan tetapi, pantas dikenang jika minuman ini memiliki kandungan banyak gula. Secangkir air tebu punya kandungan 50 gr gula yang nyaris sama dengan dengan 5 sendok makan. Batasan konsumsi gula yang diminta dalam satu hari ialah 54 gr, atau sama dengan dengan 5 sendok makan. Kalau Anda kerap konsumsi gula melampaui batasan itu, dampak negatif adipositas (kegemukan) serta penyakit diabetes bisa bertambah.

Seperti minuman manis pada biasanya, air tebu tidak juga diminta buat pasien diabetes. Kendati air tebu mempunyai IG yang lebih rendah, pasien diabetes atau orang yang terdapat resiko tinggi merasakan diabetes seharusnya menghindar minuman ini. Bila Anda bukan pasien diabetes, Anda sebenarnya bisa saja konsumsi air tebu kadangkala. Walau demikian, yakinkan Anda tak memakannya dengan kelewatan buat melindungi gula darah masih tetap normal.

 

BACA JUGA : 7 Faedah Buah Sirsak buat Kesehatan

By Admin