• Sab. Apr 20th, 2024

9 Faedah Melon, Hindari Hipertensi sampai Sehatkan Mata

ByAdmin

Jul 10, 2023
Melon

9 Faedah Melon, Hindari Hipertensi sampai Sehatkan Mata

Melon termasuk tipe buah yang kerap disantap sebagai makanan selipan atau penutup. Banyak orang kebanyakan menyenangi buah ini karena rasanya yang manis dan fresh. Akan tetapi, tahukah Anda jika melon mempunyai banyak kandungan serta fungsi?

Kandungan nutrisi melon

Melon yaitu buah bersifat bundar yang asal dari tipe Cucumis melo. Ciri-ciri uniknya terlihat di warna kulitnya yang hijau kekuningan serta daging buahnya yang hijau jelas. Disamping model ini, juga ada jingga yang dikenali sebagai cantaloupe. Kandungan nutrisitergolong yang sangat bervariasi jika Melon diperbandingkan buah-buahan semacamnya. Buah berdaging halus ini pun tinggi kandungan air. Bahkan juga, nyaris 90% dari daging buah merupakan air. Dengan mengkonsumsi sepotong seberat 100 g, Anda dapat mendapati kandungan nutrisi sebagaimana berikut.

Energi: 36 kkal

Protein: 0,5 gr

Lemak: 0,15 gr

Karbohidrat: 9 gr

Serat: 9 gr

Thiamin (vitamin B1): 0,04 miligram

Riboflavin (vitamin B2): 0,01 miligram

Niasin (vitamin B3): 0,4 miligram

Asam pantotenat (vitamin B5): 0,16 miligram

Vitamin B6: 0,09 miligram

Vitamin C: 18 miligram

Kalsium: 6 miligram

Besi: 0,17 miligram

Fosfor: 11 miligram

Kalium: 228 miligram

Natrium: 18 miligram

Zinc: 0,09 miligram

Faedah melon untuk kesehatan

Karena kandungan gizinya yang banyak, buah punya potensi berikan faedah untuk kesehatan. Tersebut ini daftar faedah yang demikian bermacam-macam.

1. Menghindari dehidrasi

Dehidrasi terjadi jika badan Anda kekurangan cairan maka tidak dapat jalankan peranannya. Kecuali minum air putih, satu kembali teknik simpel untuk menghambat dehidrasi yakni dengan konsumsi makanan tinggi kandungan air seperti . Dua potong melon punya kandungan 159 gr air, atau sama dengan 1/2 gelas air. Beragam mineralnya lantas bisa mengembalikan elektrolit pada tubuh Anda . Sehingga, biar Anda tidak kembali kekurangan cairan, perlu diingat menjadikan buah ini sebagai cemilan harian.

2. Penuhi keperluan nutrisi ibu hamil

Waktu kehamilan, ibu membutuhkan konsumsi mineral dan vitamin yang semakin lebih tinggi dari rata-rata. Ibu hamil mungkin saja tidak sedang ada di keadaan terbaik sebab metode imun yang condong lebih kurang kuat. Buah berguna buat ibu hamil. Kalium di buah ini menolong mempertahankan kesehatan pembuluh darah serta jantung, vitamin C menguatkan mekanisme imun, serta vitamin B6 memberikan dukungan perkembangan tulang belakang janin.

3. Kegunaan melon buat pencernaan

Buah bisa jadi pemecahan buat Anda yang sulit berak. Fungsi ini tidak lain datang dari kandungan air serta serat. Konsumsi air dan serat bakal membikin feses lebih berisi, namun cukup lunak untuk dikeluarkan dari badan. Kandungan serat memanglah tidak dengan tinggi buah-buahan lain, tetapi ini malahan baik untuk orang yang sebelumnya terlatih konsumsi makanan tinggi serat. Dengan menambahkan konsumsi serat dikit demi sedikit, perut akan mengawali biasa keluarkan feses dengan teratur.

4. Turunkan tekanan darah

Skema makan yang kaya akan buah dan sayur bisa menolong turunkan tekanan darah dan penyakit jantung. Lebih-lebih lagi apabila makanan yang Anda konsumsi rendah natrium serta kaya kalium. Natrium pada tubuh bisa mengikat cairan dan memperbanyak volume darah maka dari itu tekanan darah jadi naik. Kalium saat bisa menolong menyejajarkan lagi volume darah. Dengan demikian, tekanan darah berangsur turun.

5. Menguatkan skema imun dan menghalang infeksi

termaksud buah dengan vitamin C yang berfaedah buat imun badan. Menurut pengamatan dalam jurnal Nutrients, vitamin C memercepat perubahan beberapa sel imun ke ruang infeksi serta menstimulasi sel spesifik untuk mengkonsumsi bakteri. Vitamin C pula menguatkan sel imun yang buat perlindungan kumpulan sel tubuh dari kerusakan sepanjang menantang kuman. Biar mekanisme imun Anda semakin makin kuat dan badan selalu terjamin dari infeksi, konsumsilah paling tidak satu potong sehari-hari.

6. Membuat tidur lebih lelap

punya kandungan vitamin B6 yang menolong menstimulasi pembuatan serotonin. Serotonin yakni zat kimia otak dengan beberapa peran, salah satunya membuat suasana hati konstan, memunculkan rasa berbahagia, dan bikin Anda tidur lebih lelap. Vitamin B6 mengakibatkan produksi melatonin, hormon yang membikin Anda mengantuk waktu malam hari . Sehingga, apabila Anda punya perkara tidur, barangkali Anda dapat coba memakai beberapa potong saat sebelum memutuskan untuk meminum obat tidur.

7. Kegunaan melon untuk kulit

Apabila Anda ingin membuat cerah kulit dengan cara alamiah, coba konsumsi tiap hari. Melon mempunyai kandungan vitamin C yang terpenting untuk pembuatan collagen. Collagen adalah protein yang membuat, memiara, dan membenahi jaringan kulit Anda. Terkecuali itu, vitamin C pada melon punya manfaat sebagai anti-oksidan yang kuat. Anti-oksidan bakal membuat perlindungan sel-sel kulit Anda dari kerusakan gara-gara cahaya matahari dan radikal bebas. Hasilnya, kulit juga masih tetap kenyal, sehat, serta ceria.

8. Menolong memeriksa gula darah

Kendati pun rasanya manis, termasuk buah yang aman dimakan pengidap diabetes. Ini sebab kandungan air serta serat di memerlambat peresapan gula pada tubuh hingga menghambat serta turunkan gula darah dalam waktu cepat.
Suatu laporan study di Tiongkok lantas sebutkan, konsumsi buah secara teratur dapat turunkan resiko diabetes senilai 12 %. Di pasien diabetes, rutinitas sehat ini pun bisa turunkan dampak negatif kompleksitas pada jantung, ginjal, dan saraf.

9. Faedah melon untuk mata

Gak kalah atas wortel, buah nyatanya pun miliki potensi bikin sehat mata Anda. Fungsi yang satu berikut asal dari lutein dan zeaxanthin. Ke-2 nya termasuk sebagai karotenoid, yaitu zat yang disebut bahan baku vitamin A. Lutein dan zeaxanthin pula adalah anti-oksidan yang dapat membuat perlindungan jaringan mata.

Pelindungan ini kemungkinan bisa kurangi dampak negatif kerusakan mata karena cahaya matahari, bertambahnya umur, serta lingkungan. mempunyai manfaat yang beraneka, dari bikin sehat mata, menghindari dehidrasi, sampai menaikkan mutu tidur. Anda sampai gak perlu ribet menggarap buah ini untuk mendapatkan gunanya. Cukup buat jadi menjadi snack harian Anda.

 

BACA JUGA :  6 Kegunaan Buah Leci untuk Kesehatan Badan

By Admin