• Ming. Feb 25th, 2024

7 Faedah Rumput Laut dan Kandungan di Dalamnya

ByAdmin

Apr 7, 2023
Rumput Laut

7 Faedah Rumput Laut dan Kandungan di Dalamnya

Fungsi rumput laut telah dirasa oleh warga Asia Timur serta Romawi mulai sejak bertahun-tahun yang lalu. Gak cuman dimakan menjadi lauk seharian, rumput laut difungsikan buat memercepat pengobatan cedera, cidera bakar, serta ruam kulit.

Rumput laut adalah sisi dari keluarga ganggang multi sel yang mencangkup ganggang hijau, ganggang merah, dan ganggang cokelat. Waktu beratus-ratus tahun,  jadi diva untuk bahan beberapa obat, industri, dan makanan sebab kandungan gizinya.

Model Rumput Laut yang Bisa Disantap

Ada bervariasi tipe rumput laut yang dapat disantap baik ketika fresh, dikeringkan, diolah, sampai diproses jadi suplemen bubuk, yakni:

Nori: Ganggang merah yang diproses jadi lembar kering dan dipakai untuk menggulung sushi
Sea lettuce: Nori hijau yang mempunyai bentuk seperti daun selada, dapat disantap mentah dalam santapan salad atau diolah buat kombinasi sup

Kelp: Ganggang cokelat yang diproses dan dikeringkan jadi helaian, juga bisa dipakai jadi bahan baku mie bebas gluten

Kombu: Sama dengan rumput laut dengan rasa yang kuat dan biasa dipakai untuk membikin kaldu sup

Arame:  dengan rasa mudah, manis, serta struktur yang kuat ini dapat diproses buat pelbagai suguhan, terhitung makanan yang dipanggang

Wakame: Ganggang cokelat yang umum dipakai untuk bikin salad  fresh atau sup
Dulse: Ganggang merah dengan struktur halus serta lebih kenyal yang dipakai buat meningkatkan rasa ke beragam sajian atau dikonsumsi sebagai cemilan kering

Chlorella: Ganggang air tawar hijau yang biasanya diproses menjadi suplemen berbentuk bubuk
Biar dan karagenan: Berupa jelly yang umumnya dipakai selaku bahan pengikat serta pengental dalam pelbagai produk makanan

Spirulina: Kerap dikatakan sebagai ganggang air tawar biru-hijau yang mendapat dikonsumsi dan dipasarkan berbentuk tablet, serpihan, atau bubuk

Kandungan dan Faedah Rumput Laut

Dalam 100 g rumput laut mentah, terdapat beberapa gizi berikut ini:

Air: 82,2 gr
Karbohidrat: 7,94 gr
Serat: 0,7 gr
Kalsium: 129 miligram
Magnesium: 77 miligram
Fosfor: 60 miligram
Kalium: 165 miligram
Sodium: 384 miligram
Vitamin C: 15 miligram
Vitamin A: 95 mikrogram
Folat: 174 mikrogram
Beta karoten: 1.140 mikrogram
Disamping itu,  kaya anti-oksidan yang bagus untuk kesehatan badan. Berikut beberapa kegunaan yang dapat Anda dapatkan sewaktu mengkonsumsinya:

1. Menaikkan peran tiroid

Tiroid mempunyai manfaat penting pada metode metabolisme badan. Buat jalankan kegunaannya, kelenjar tiroid diperlukan konsumsi yodium yang dapat diperoleh konsumsi  atau garam beryodium. Kekurangan yodium bisa menimbulkan hipotiroid.

2. Menambah kesehatan jantung

Rumput laut adalah sumber serat terlarut air yang bagus. memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan anti-oksidan yang berguna untuk kesehatan jantung. Beberapa riset tunjukkan jika kandungan nutrisi dala  tampak dapat turunkan tekanan darah, kurangi cholesterol jahat (LDL) serta cholesterol keseluruhan, dan menghindari pembekuan darah.

Tapi analisis medis selanjutnya berkaitan kegunaan  tersebut tetap dibutuhkan buat perkuat bukti itu.

3. Memantapkan gula darah

Analisis tunjukkan kalau skema makan tinggi serat, yang bisa diperoleh dari sayur, buah, dan dapat menolong membenahi kandungan gula darah. Senyawa fucoxantin dan alginat dalam dipercayai bisa kurangi kekuatan insulin dan menyetabilkan kandungan gula darah, dan menghambat diabetes jenis 2.

4. Menolong turunkan berat tubuh

Kandungan fucoidan yang ada dalam dijumpai bisa mempertingkat perpecahan lemak dan menghambat pembangunan lemak pada tubuh. Tidak hanya itu, rumput laut pula memiliki kandungan serat yang bisa kurangi rasa lapar serta membikin badan berasa kenyang bertambah lama.

5. Perkuat skema kekebalan badan

Beberapa analisis di laboratorium memperlihatkan kalau senyawa anti-oksidan dan anti-alergenik dalam punyai potensi untuk membatasi pelbagai virus masuk ke sel badan. Tetapi, analisis seterusnya dibutuhkan buat perlihatkan manafaat  ini di manusia.

6. Menambah kesehatan usus

Kandungan serat dalam  bisa menolong menghalang sembelit dan pastikan metode pencernaan berjalan manis. pula punya kandungan prebiotik yang beri keuntungan buat usus dan kurangi efek infeksi bakteri khusus yang beresiko.

7. Turunkan efek kanker khusus

Beberapa kajian memperlihatkan jika konsumsi  secara teratur disangka bisa turunkan efek kanker payudara serta kanker tiroid. Tapi, pengamatan kelanjutan masih dibutuhkan untuk tunjukkan kegunaan  ini.

Rumput laut pun ditemui memberinya pelindungan buat menentang sejumlah penyakit, seperti sindrom metabolik, kerusakan kulit, sampai penyakit radang persendian.

Walaupun bagus untuk kesehatan, semestinya tak boleh kebanyakan mengkonsumsi. Bataskan konsumsi  sekitar 4 gr /hari

Rumput laut kaya zat yodium yang bila dimakan terlalu berlebih bisa sebabkan kemungkinan pendarahan, masalah tiroid, dan soal ginjal. Disamping itu, rumput laut pula punya kandungan zat logam, seperti merkuri, timbal, serta cadmium, yang beresiko buat badan.

Apabila masih punyai pertanyaan sekitar nilai gizi serta faedah, Anda bisa berdiskusi sama dokter nutrisi.

 

BACA JUGA YAH :  8 Kegunaan dari Beras Merah yang Bagus untuk Kesehatan Anda

By Admin