• Jum. Jun 21st, 2024

Beritababe

Nyok Baca Berita Dari Babe DIjamin Aktual Gak Boong

7 Faedah Kayu Manis, Bagus untuk Diabetes dan Infeksi Mulut

ByAdmin

Jul 30, 2023
Kayu Manis

7 Faedah Kayu Manis, Bagus untuk Diabetes dan Infeksi Mulut

Siapakah yang tidak tahu kayu manis? Kecuali jadi rempah alternatif gula, tanaman berikut nama ilmiah Cinnamomum ini rupanya punyai fungsi buat kesehatan.

Kandungan kayu manis

Sebelumnya mengerti fungsi kayu manis atau cinnamon, Anda perlu mengenali kandungannya. Rempah ini punya kandungan fitonutrien atau senyawa unik yang cuma terdapat pada tanaman. Senyawa fitonutrien lah yang berikan faedah buat kesehatan. Berikut daftar kandungan fitonutrien pada rempah yang satu berikut.

Katekin.

Epikatekin.

Cineole.

3-Phenylpropanal.

Aldehydes.

Alpha-Pinene.

Anhydrocinnzeylanine.

Anhydrocinnzeylanol.

Beta-Carotene.

Beta-Caryophyllene.

Cassioside.

Cincassiol-A.

Cinnamaldehyde.

Cinnamic-Acid.

Cinnamtannin.

Cinnzeylanine.

Cinnzeylanol.

Coumarin.

Cuminaldehyde.

Eugenol.

Guaiacol.

Hydrocinnamaldehyde.

Ketone.

Limonene.

Linalool.

Phenol.

Tannin.

Tidak hanya itu, kayu manis pula mempunyai kandungan bermacam mineral yang dibutuhkan badan, contohnya:

zat besi,
mangan,
magnesium,
kalsium, dan
sulfur.

Lantaran kerap difungsikan menjadi obat herbal, fungsi cinnamon untuk kesehatan punya potensi buat kurangi problem kesehatan ini.

1. Diabetes

Diabetes

Walau disebutkan “manis”, rempah ini dipercayai aman buat penderita diabetes. Penilaian terbitan Diabetes Research and Clinical Practice (2019) menjelaskan jika cinnamon menolong turunkan gula darah puasa pada penderita diabetes model 2 serta prediabetes. Ini dipicu rempah ini dapat bikin badan memberi respon hormon insulin secara baik. Hormon ini didapati menolong mengatur gula darah. Biarpun begitu, kajian berkaitan kayu manis untuk diabetes gunakan pelbagai model dengan contoh yang kecil. Karena itu, memerlukan analisis selanjutnya untuk ketahui keampuhannya.

2. Infeksi mulut serta gigi

Infeksi mulut serta gigi

Kajian terbitan Molecules (2020) pula mendapati jika fungsi menolong menentang infeksi jamur Candida pemicu kandidiasis oral. Infeksi jamur Candida dapat mengakibatkan seriawan. Disamping itu, rempah ini menolong menantang bakteri P. gingivalis pemicu fasentitis, penyakit infeksi pada gusi yang kronis. Pantauan ini memaparkan jika kandungan linalool, eugenol, alfa-terpineol, dan cinnamaldehyde bekerja menentang bakteri dan jamur. Harus disadari, penilaian ini menyaksikan kekuatan rempah ini cuma dari 0,04 % yang ada dalam odol dan obat kumur.

3. Penyakit jantung

Penyakit jantung

Hipertensi serta cholesterol tinggi dapat mempertingkat beragam dampak negatif penyakit jantung, seperti tidak sukses jantung sampai stroke. punya kandungan cinnamaldehyde dan cinnamic acid yang bagus buat jantung. Ke-2 kandungan tersebut sanggup menyetabilkan tekanan darah dan melemaskan pembuluh darah . Maka, saluran darah juga lancar serta resiko hipertensi juga menyusut. Gak itu saja, rempah ini diakui turunkan takaran cholesterol serta lemak dalam darah. Beragam study yang menuturkan faedah ini masih dijalankan di hewan atau berbentuk pengecekan rasio kecil . Sehingga, Anda seharusnya tak mempercayakan rempah ini sebagai cuma satu obat hipertensi.

4. Infeksi

Radang yakni tanggapan badan yang terpenting buat menantang infeksi serta membenahi kerusakan sekumpulan sel tubuh. Biarpun begitu, radang yang berjalan lama dapat menyebabkan penyakit beresiko untuk badan. Nach, kayu manis punya kandungan polifenol. Senyawa ini mempunyai sifat anti-oksidan yang dapat menghambat paparan radikal bebas yang menimbulkan kerusakan badan, Anti-oksidan ini rupanya memiliki potensi bekerja menjadi antiradang.

5. Kanker

punya kandungan senyawa yang mempunyai sifat antikanker. Penilaian terbitan European Journal of Medicinal Chemistry (2019) menjelaskan jika rempah ini mempunyai potensi menimbulkan kematian sel kanker. Tidak hanya itu, rempah ini barangkali dapat menekan serta kurangi jumlah sel yang berkembang. Kebolehan antikanker ini asal dari senyawa eugenol serta cinnamalehyde. Walaupun begitu, beberapa penelitian yang tercantum dalam kajian ini sejumlah besar mencoba coba di hewan serta sel yang ada pada laboratorium, bukan manusia. Karena itu, faedahnya untuk kanker manusia masih tetap dicermati seterusnya.

6. Penyakit neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif yakni penyakit yang tampak gara-gara saraf stop bekerja atau bahkan juga mati. Perihal ini biasa ditemui di penyakit Alzheimer serta Parkinson. Nach, study terbitan Journal Of Alzheimer’s Disease (2013) memperhatikan kalau kandungan cinnamaldehyde dan epikatekin pada rempah ini dapat membatasi penimbunan protein di otak yang mengisyaratkan ada Alzheimer. Terkecuali itu, cinnamon menolong buat perlindungan saraf serta membikin persentase senyawa di otak. Dampaknya, guna gerak badan lebih bisa optimal. Meskipun demikian, study ini masih dicermati pada tikus ataupun laboratorium. Fungsi ini butuh didalami secara langsung di manusia.

7. HIV

Fungsi cinnamon yang dari type Cassia diakui dapat menentang virus HIV. Kapasitas ini asal dari senyawa polifenol. Balik lagi, faedah ini anyar ditest di laboratorium, belum di manusia dengan cara langsung. Lebih, study kayu manis buat HIV pun masih tetap terbatas. Beberapa studi yang sudah dilakukan juga udah lebih pada sepuluh tahun lalu . Maka, penting dikerjakan pengetesan paling baru. Baiknya Anda tak mempercayakan rempah ini jadi cuma satu obat untuk HIV.

Efek kayu manis

Meski banyak faedah, namun berhati-hati dengan dampak kayu manis kelewatan. Karenanya tetap suplemen herbal ini bisa mengakibatkan resiko khusus. Berikut ini resiko yang kemungkinan terjadi.

Iritasi pada mulut serta gusi, seperti stomatitis.
Dermatitis (jika terserang kulit).
Napas sesak.
Alergi.
Bronkitis.

Ada dampak yang bersangkutan di antara kayu manis dan liver. Rempah ini kaya coumarin yang mempertingkat dampak negatif kerusakan liver. Gak semuanya orang alami efek di bawah ini. Mungkin ada efek yang lain tidak tercantum di sini. Bila Anda miliki kekuatiran mengenai dampak tersendiri, berharap konsultasi dengan pakar herbal atau dokter.

Metode gunakan kayu manis

Hingga kini tidak ada jumlah serta trik yang nyata buat konsumsi tanaman herbal ini. Jumlah buat tiap orang dapat berbeda, bergantung umur, kesehatan, dan sejumlah keadaan lain. Kayu manis bisa siap berbentuk kulit yang udah dikeringkan, minyak fundamental, daun, konsentrat cairan, bubuk, serta sirup. Anda lantas dapat menyeduhnya di air panas berbentuk teh kayu manis.

Taruh rempah ini di daerah yang sejuk serta kering, jauhi dari panas serta kelembapan. Anda mesti mencairkan minyak cinnamon dalam minyak pelarut atsiri buat kurangi resiko iritasi. Jangan memanfaatkan kulitnya sebagai penyembuhan pada beberapa anak. Pemakaian kayu manis buat ibu hamil atau menyusui pun baiknya dicegah hingga analisis selanjutnya ada.

Hubungan dengan obat

Suplemen herbal ini bisa berhubungan dengan penyembuhan lain atau bisa saja dengan situasi kesehatan yang Anda punyai.
Komunikasikan dengan pakar herbal atau dokter sebelumnya pemakaian.

Kayu manis dapat berhubungan dengan:

antibiotik,

obat diabetes,

parasetamol,

statin,

pencair darah, serta

obat buat penyakit jantung.

Kayu manis yaitu rempah yang juga memiliki potensi kurangi akibat negatif beragam penyakit.

Walaupun demikian, Anda tidak dapat mempercayakan seluruhnya menjadi obat.

Terus dialog sama dokter perihal dampak pemakaiannya. Yakinkan juga Anda tak punya alergi kayu manis sebelumnya mengkonsumsinya.

 

BACA JUGA : Berikut 10 Kegunaan Salak untuk Kesehatan

By Admin