• Ming. Apr 21st, 2024

6 Faedah Kuning Telur serta Tehnik Sehat Mengkonsumsinya

ByAdmin

Mar 30, 2023
Kuning Telur

6 Faedah Kuning Telur serta Tehnik Sehat Mengkonsumsinya

Lantaran kandungan gizinya, terdapat beberapa kegunaan kuning telur buat kesehatan. Walau demikian, kuning telur sering dipandang bisa mempertingkat kandungan cholesterol dalam badan . Sehingga, baiknya tak mengkonsumsi kuning telur terlalu berlebih.

Ada pelbagai argumen kenapa lumayan banyak orang senang makan telur, dimulai dari kandungan gizinya yang banyak, harga yang murah, sampai ringan diproses menjadi beragam santapan nikmat.

Dalam sebutir telur, terdapat 70-75 kalori. Lebih kurang 15 kalori datang dari putih telur, dan bekasnya atau 55 kalori dari kuning telur. Diluar itu,  mempunyai kandungan kurang lebih 185 miligram cholesterol dan 4,5 miligram lemak. Cholesterol serta lemak ini yang bikin  ditakutkan oleh beberapa orang.

Kandungan nutrisi kuning telur

Kuning telur merupakan sisi mempunyai warna kuning yang ada dalam pusat telur. Sisi ini tidak sekedar punya kandungan lemak serta cholesterol, dan juga mineral dan vitamin. Oleh maka itu, tidaklah mengherankan kalau  digolongkan menjadi “superfood”.

Kandungan nutrisi  tergantung di ukuran, model, dan proses pemrosesannya sebelumnya sampai ke tangan customer. Tehnik mengolah telur yang Anda pakai pun bisa mempengaruhi kandungan lemak serta kolesterolnya. Akan tetapi, pada umumnya, dibawah ini angka kandungan nutrisi dari sebutir kuning telur mentah ukuran sedang.

Energi (Kalori): 54,7 kkal
Lemak: 4,5 gr
Protein: 2,6 gr
Karbohidrat: 0,6 gr
Serat: 0 gr
Cholesterol: 184 miligram (mg)
Vitamin A: 64,8 mikrogram (mcg)
Vitamin D: 0,9 mcg
Tiamin (Vitamin B1): 0,03 mg
Riboflavin (Vitamin B2): 0,09 mg
Asam pantotenat (Vitamin B5): 0,5 mg
Folat (Vitamin B9): 24,8 mcg
Kalsium: 22 mg
Zat besi: 0,5 mg
Magnesium: 0,8 mg
Fosfor: 66,3 mg

Kuning telur sebagai sumber dari pelbagai vitamin terlarut lemak ataupun air. Diluar itu, ada kandungan mineral micro pada jumlah kecil yang termasuk zinc, kalium, natrium, dan selenium.

Fungsi Kuning Telur

Walaupun punya kandungan cholesterol dan kalori yang tinggi, kuning telur sebetulnya punya beraneka fungsi untuk kesehatan badan. Beberapa kegunaan kuning telur ini, salah satunya:

1. Memperhatikan kesehatan tulang serta gigi

Kuning telur sebagai salah satunya sumber alami vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot, dan menolong peresapan kalsium. Kandungan pada vitami D

pada bisa menolong mempertahankan kesehatan serta perkuat tulang serta gigi.

2. Membetulkan kumpulan sel badan yang rusak

 adalah satu diantaranya sumber protein yang bagus. Dalam sebutir telur, protein yang dikandung oleh kuningnya sejumlah 2,5 gr. Protein sebagai salah satunya tipe gizi yang diperlukan badan buat membenahi kumpulan sel badan yang rusak, menguatkan ketahanan badan, dan mendukung pertumbuhan yang intensif pada anak.

3. Menahan penyakit mata

kaya kandungan anti-oksidan lutein dan zeaxanthin. Ke-2 gizi itu miliki faedah buat menghindar penyakit mata, seperti katarak serta kemunduran makula.

4. Kurangi dampak cacat tabung saraf

Kuning telur mempunyai kandungan kolin serta folat yang tinggi. Ke-2 gizi ini berperanan penting pada turunkan kemungkinan cacat tabung saraf pada janin serta menegaskan otak janin bisa berkembang secara baik.

Sejumlah study pun sebutkan kalau kolin serta folat bisa kurangi kekambuhan tanda-tanda asma.

5. Kurangi infeksi dan efek penyakit akut

Meski lemak telur banyak disimpan pada bagian kuningnya, beberapa lemak itu yaitu lemak sehat omega-3. Oleh sebab itu, putuskan telur mempunyai label omega-3 yang bagus untuk kemampuan otak dan memory. Omega-3 pula bisa kurangi pembengkakan pada badan dan turunkan dampak penyakit khusus, seperti penyakit jantung, asma, radang persendian, serta kanker.

6. Memperhatikan kesehatan rambut

Kuning telur dapat jadi masker rambut. Kegunaan masker rambut ini bermacam, mulai dengan berikan gizi pada rambut, melembapkan rambut yang kering, memperkuat rambut, sampai kurangi kerontokan.

Panduan Aman Konsumsi Telur

Walau terdapat banyak kegunaan yang dapat kita temukan, banyak pakar nutrisi yang menganjurkan buat jarang konsumsi . Soal ini lantaran kandungan cholesterol dalam  yang tinggi.

Walaupun begitu, beberapa study mengatakan kalau konsumsi telur dalam batasan lumrah tampak tidak tingkatkan persentase cholesterol secara mencolok. Akan tetapi biar semakin aman, Anda dapat kerjakan beberapa tehnik di bawah ini sebelumnya konsumsi telur:

Bila badan Anda sehat, makanlah telur dengan jumlah yang aman, yakni sampai 3 butir perhari Kalau Anda memiliki penyakit jantung dan cholesterol tinggi, awasi konsumsi telur sampai tidak lebih dari 3 butir telur /minggu Makanlah telur yang telah masak seluruhnya, lantaran telur mentah atau 1/2 masak bisa sebabkan keracunan makanan

Masaklah telur melalui cara direbus tiada garam, dan jauhi menggoreng telur sebab bisa menaikkan kandungan lemaknya sampai 50% mMelihat beragam fungsi kuning telur di atas, tak ada kelirunya untuk terus masukkan telur ke menu harian Anda.

Akan tetapi jika Anda menanggung derita cholesterol tinggi atau penyakit jantung, bataskan konsumsi telur. Buat memastikan jumlah konsumsi telur atau kuning telur yang aman, Anda dapat berdiskusi lebih berlanjut ke dokter nutrisi.

 

 

BACA JUGA YAH :  5 Kegunaan Khusus Putih Telur untuk Kesehatan

By Admin