• Ming. Mar 3rd, 2024

5 Langkah Sederhana untuk Percepat Atasi Jet Lag

ByAdmin

Jan 27, 2023 #Jet

“Ada 5 langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mempercepat atasi jet lag. Mulai dari beradaptasi ke zona waktu yang baru hingga mengonsumsi minuman berkafein.”

5 Langkah Sederhana untuk Percepat Atasi Jet Lag

Halodoc, Jakarta – Jet lag merupakan gangguan tidur ritme sirkadian yang berarti melibatkan gangguan pada jam tubuh dan tidur seseorang. Kondisi ini umum terjadi saat seseorang bepergian jauh seperti menggunakan pesawat dan melintasi zona waktu yang berbeda. Meski singkat, timbulnya jet lag dapat menimbulkan kelelahan dan ketidaknyamanan. Alhasil, pola tidur, pola makan, konsentrasi, dan motivasi dapat terganggu.

Parahnya lagi, kondisi ini juga dapat memengaruhi pencernaan dan membuat tubuh menjadi terasa tidak sehat. Nah, jika kamu adalah seseorang yang kerap bepergian jauh, penting untuk mengetahui apa saja langkah sederhana untuk mengatasi jet lag.

Langkah Sederhana untuk Percepat Mengatasi Jet Lag

Ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk melakukan transisi ke zona waktu baru dengan lebih cepat, yaitu:

1. Beradaptasi dengan Cepat ke Zona Waktu Baru 

Saat tiba di tempat tujuan, cobalah untuk melupakan zona waktu lama secepat mungkin. Hal ini dapat dilakukan dengan memperbarui jam. Nah, perangkat smartphone yang terhubung ke internet sudah secara otomatis merubah jam dan keterangan cuaca di area yang kamu datangi. Namun, jika kamu mengenakan jam tangan, pastikan untuk mencocokan jam tanganmu dengan zona waktu baru.

2. Atur Waktu Tidur

Pastikan untuk tidur pada waktu yang paling sesuai dengan zona waktu di tempat tujuan. Jika penerbangan dilakukan pada malam hari, cobalah untuk tidur sejenak saat mengudara. Selain itu, ada beberapa hal yang juga dapat membantumu beristirahat meliputi:

  • Headphone peredam bising.
  • Masker mata.
  • Penyumbat telinga.
  • Bantal dan selimut perjalanan yang nyaman.

Pastikan juga untuk menghindari keinginan untuk tidur siang saat tiba di siang hari. Sebab, hal ini bisa membuatmu sulit tidur di kemudian hari.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Perjalanan jarak jauh dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kebanyakan orang juga cenderung mengurangi konsumsi air selama perjalanan jauh untuk menghindari buang air kecil terlalu sering. Padahal, memenuhi kebutuhan cairan dengan baik selama perjalanan dapat membantu mengelola jet lag dan mengurangi kelelahan. Karena itu, pastikan untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat selama perjalanan. Ketika sudah sampai di area tujuan, kamu juga perlu senantiasa memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

4. Biarkan Tubuh Terkena Paparan Sinar Matahari

Jet lag dapat mengganggu jam internal tubuh manusia karena adanya perubahan paparan cahaya yang diterima tubuh akibat perbedaan zona waktu. Maka dari itu, di tempat tujuan, biarkanlah tubuhmu terkena paparan sinar matahari. Sebab, hal ini dapat membuat tubuh mengurangi pelepasan hormon melatonin yang membuat kamu mengantuk. Alhasil, kamu menjadi mudah mengantuk di malam hari karena kamu tidak kembali tidur di pagi harinya.

5. Mengonsumsi Minuman Berkafein

Mengonsumsi kafein memang tidak akan menyembuhkan jet lag. Tetapi hal ini dapat menjadi alat untuk membantumu tetap waspada dan fokus di siang hari. Bahkan, sebuah studi menemukan kalau asupan 300 miligram kafein dengan pelepasan lambat meningkatkan kewaspadaan pada mereka yang bepergian ke arah timur. Nah, ada beberapa minuman yang mengandung kafein, misalnya seperti teh, kopi, minuman bersoda atau cokelat panas.

Namun, pastikan untuk mengonsumsinya secara tidak berlebihan. Khususnya jika kamu memutuskan untuk mengonsumsi minuman bersoda. Sebab, minuman ini tinggi akan kandungan gula yang jika dikonsumsi berlebih, dapat memicu dampak negatif pada tubuh.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat mengatasi jet lag. Selain itu, pastikan juga kamu memenuhi segala asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Hal ini dapat dilakukan melalui konsumsi makanan sehat atau suplemen kesehatan. Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

BACA LAINNYA : Candi Ratu Boko

BACA LAINNYA :  Air Terjun Madakaripura

BACA LAINNYA : Curug Cimahi

BACA LAINNYA : Danau Tempe

BACA LAINNYA : Glamping Lakeside

By Admin