• Rab. Mei 22nd, 2024

20 Tempat Wisata di Bogor yang Menarik

ByAdmin

Jan 14, 2023
bogor

20 Tempat Wisata di Bogor yang Menarik

Bogor terkenal juga dengan sebutan kota hujan. Ya, di sana memang sering turun hujan. Selain terdapat hujan, di Bogor ada tempat wisata atau tidak, ya? Hmm … Kebun Raya Bogor! Nah, apa lagi? Kalau belum tahu banyak tentang kota hujan, ayo kita jelajahi bersama tempat wisata yang ada di Bogor!

Namun tenang saja bagi masyarakat yang berkunjung ke kota ini tanpa tau lokasi maupun alamat yang tepat, sebab banyak juga guide yang akan memandu wisata Anda agar liburan akan terasa lebih ceria. (baca juga: tour guide untuk traveler)

Kebun Raya Bogor

Tempat wisata yang satu ini terkenal tak hanya di Bogor, tetapi juga di Indonesia. Bagi yang suka pemandangan alam yang hijau dan asri, Kebun Raya Bogor bisa jadi pilihan destinasi wisata anda. Kebun Raya Bogor mempunyai hawa yang segar dan sejuk dengan banyaknya spesies pepohonan.

bogor

Kebun Raya Bogor pun dijadikan sebagai pusat pendidikan serta observasi tanaman. Salah satu yang menarik di kawasan wisata ini adalah adanya museum zoologi. Jadi kita bisa tahu lebih banyak mengenai tumbuhan atau flora yang ada di sana. Tambah pengetahuan tentang tumbuhan yang tidak hanya terdapat di Indonesia saja melainkan juga tumbuhan dari berbagai negara dunia. Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tidak kurang dari 15.000 jenis tumbuhan.

Wah, banyaknya! Dan yang lebih mengagumkan adalah kebun ini ternyata sudah mulai untuk dikembangkan sejak jaman Kerajaan Sunda Kelapa dan diklaim sebagai kebun botani tertua yang ada di Asia. Berbicara mengenai Kebun Raya Bogor, kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas Istana Bogor.

Ya, istana ini merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor yang menyimpan berbagai benda seni. Diantaranya adalah ada sekitar 216 buah patung dan 448 buah lukisan. Istana Bogor juga pernah dinamai Istana Buitenzorg. Lokasi : Jalan Ir. H. Juanda no.13, Bogor. Istana Bogor : Jalan Ir. H. Juanda no.1, Bogor.

Situ Gede

Situ Gede, obyek wisata Bogor ini termasuk salah satu yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Kegiatan yang dapat dilakukan di Situ Gede adalah memancing, naik perahu, dan jalan-jalan di sekitar hutan Situ Gede. Ternyata ada yang menarik dengan wisata yang satu ini.

Selain dapat melakukan kegiatan seperti disebutkan di atas, Situ Gede juga sering dipakai sebagai lokasi shooting film atau sinetron. Situ Gede yang memiliki pepohonan yang hijau terletak di pinggir hutan Dramaga, hutan milik departemen kehutanan RI yang dimanfaatkan sebagai hutan penelitian. Nah, tunggu apa lagi? Yang hendak berlibur ke Bogor, jangan lupa mampir kemari, ya.

Siapa tahu juga ada yang tengah membuat film atau sinetron, pasti menarik melihat pembuatannya secara langsung. Lokasi : Jalan Tambakan, Bogor Barat.

Warso Farm

Tempat wisata Warso Farm sangat cocok bagi anda yang menyukai buah durian. Ya, Warso Farm memang pelopor agrowisata durian di Indonesia. Perkebunan durian dengan luas 8,5 hektar, mempunyai sekitar 900 pohon durian dengan jenisnya mencapai 19 jenis. Kalau berada di sana, jangan asal petik buah durian dari pohonnya, ya.

Karena hal itu dilarang. Lalu bagaimana, dong? Ingin sekali menyantap durian yang lezat! Tenang, anda tetap bisa menikmati legit dan manisnya buah berduri ini.

Tetapi memesannya di tempat yang sudah disediakan. Makan langsung atau dijadikan jus, sama enaknya. Durian ini pun pas dijadikan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Museum PETA

Masih ingat dengan pelajaran sejarah yang kita dapat saat sekolah? Ada pembahasan tentang PETA. Atau Tentara Sukarela Pembela Tanah Air.

PETA ini dibentuk oleh jepang saat penjajahan dulu dan bertujuan untuk membantu jepang melawan tentara sekutu. Tidak disangka, PETA malah jadi asal muasal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Menjelajah museum PETA kita akan diajak untuk menelusuri lorong waktu ke masa lalu. Di mana PETA berjuang demi kemerdekaan bangsa tercinta ini. Lokasi : Jalan Jenderal Sudirman, Gang no.35.

Museum Etnobotani

Museum yang diresmikan oleh BJ Habibie pada tahun 1982 ini mempunyai koleksi berupa benda percontohan yang dimanfaatkan sebagai bahan penelitian hubungan antara suku asli suatu wilayah dengan tumbuhan di sekitarnya.

Koleksinya kurang lebih sebanyak 1700 benda. Tumbuhan yang ternyata begitu bermanfaat bagi orang-orang atau suatu suku di nusantara ini.

Salah satunya bisa kita lihat dari pakaian suku pedalaman Indonesia yang terbuat dari tumbuhan. Obyek wisata ini buka dari hari Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00. Sabtu, Minggu, dan hari besar tutup. Tiketnya sangat murah yaitu Rp 1000,- per orang. Lokasi : Jalan Ir. H. Juanda no. 24.

The Jungle Water Adventure

Tempat wisata yang satu ini sangat pas untuk wisata keluarga. Banyak wahana permainan air yang tersedia, tentunya membuat anak-anak betah berlama-lama main di sini. Mengusung konsep terbuka hijau dengan pemandangan Gunung Salak dan Pangrango di belakangnya semakin memanjakan mata kita.

Contoh permainan air yang ada di Jungle Water Adventure antara lain, kiddie pool, racer slide, slide pool, spiral slide, dan yang istimewa adalah tube slide dengan ketinggian 12 meter dan panjang 100 meter.

Fountain futsal, bagia anak yang suka bermain futsal dengan sensasi semburan air dari arah bawah serta leisure pool yang merupakan tempat santai dan makan di tengah kolam. Suka nonton? Di sini pun tersedia sinema 4D yang kedua setelah Dufan.

Kampung Budaya Sindangbarang

Tertarik untuk melihat citra kasepuhan sunda di masa lalu? Datang saja ke Kampung Budaya Sindangbarang. Obyek wisata ini sudah berdiri sejak abad-12. Wow, sudah sangat tua, kan?

Sindangbarang merupakan tempat tinggal dari salah seorang istri Prabu Siliwangi dahulu. Ini tertulis dalam babat pajajaran.

Di Kampung Budaya Sindangbarang kita dapat melihat bangunan yang memang masih asli, seperti yang dikatakan dalam pantun bogor di waktu lampau. Selain itu Di Sindangbarang juga bisa kita jumpai panggung yang difungsikan sebagai tempat menampilkan pentas calung, angklung, tarian tradisional yang semuanya merupakan kesenian sunda.

Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis yang merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran dibuat dengan tujuan untuk mengenang kebesaran Prabu Siliwangi saat masih memimpin Pajajaran.

Prasasti Batu Tulis ini dibuat antara tahun 1521-1535, di mana salah satu putra dari Prabu Siliwangi memerintah. Putranya bernama Raden Surawisesa.

Prasasti Batu Tulis ini di buat dengan menggunakan aksara sunda kuno. Selain prasasti batu tulis, beberapa peninggalan masa lampau yang juga dapat kita lihat di sini anatara lain : batu lingga, meja sesajen, batu yang merupakan bekas sandaran tahta raja yang telah dilantik, serta batu tapak yaitu telapak kaki Raden Surawisesa.

Marcopolo Water Adventure

Tempat rekreasi keluarga ini di dalamnya terdapat beragam wahana air yang pasti disukai anak-anak dan juga area outbond. Wahana air yang ada di Marcopolo diantaranya, geitser, air mancur, banana boat, ember tumpah, dan lain-lain. Ada banyak jenis kolam di Marcopolo, jadi bagi anda yang memiliki anak-anak, tak perlu khawatir.

Untuk yang dewasa bisa berenang di kolam khusus dewasa. Kolam anak bahkan kolam untuk bayi pun tersedia. Ditambah lagi dengan adanya kolam pasir, kolam arus, serta kolam air hangat, semakin menambah lengkapnya wahana Wisata Marcopolo.

Untuk outbondnya, dapat mencoba flying fox atau bersepeda air. Yang suka mancing, tetap bisa melakukannya di sini. Lengkap sekali, bukan? Jadi tunggu apa lagi! Ayo ajak keluarga berwisata ke Marcopolo!

Highland Park Resort

Jika dilihat sepintas, kita tidak akan menyangka bahwa tenda itu adalah resort. Memang bila dilihat dari luar hanya seperti tenda biasa, tetapi jika sudah masuk ke dalam, ada beragam fasilitas dengan lantai keramik permanen yang dapat membuat anda terpana.

AC, tempat tidur, sofa, shower, hingga toilet permanen semuanya tersedia. Panorama Gunung Salak yang mempesona pun bisa kita lihat dari Highland Park Resort.

Tempat menginap yang tergolong unik ini juga menawarkan kegiatan wisata seperti outbond, flyinf fox, berkuda, futsal, berenang, dan lain sebagainya.

BACA LAINNYA : 6 Tempat Wisata di Fakfak Papua Barat

55 Tempat Wisata di Jepang yang Menarik

Agro Gunung Mas bogor

Agro Gunung Mas merupakan salah satu tempat wisata yang ada di kota Bogor dan menawarkan hamparan hijau kebun teh yang mempesona. Mata kita akan terasa segar dengan hawa sejuk.

Ini saatnya memanjakan mata dengan pemandangan kumpulan tanaman teh dengan para pemetik teh di sana-sini.

Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan keindahan Agro Gunung Mas, dan syal untuk penghangat tubuh karena suhu yang cukup dingin.

Taman Wisata Matahari

Destinasi wisata edukasi sekaligus rekreasi bagi anak dan keluarga. Taman Wisata Matahari menawarkan berbagai aktivitas outbond, permainan air, danau, juga areal persawahan dan kebun sayur yang bermanfaat untuk anak.

Outbond di sini kita bisa ajak anak untuk main flying fox, arung jeram, wahana rumah hantu, ATV.

Taman Safari Indonesia

Inilah taman safari pertama yang ada di Indonesia. Berwisata bersama keluarga ke Taman Safari Indonesia tentu sangat menyenangkan.

Terutama bagi anak. Mereka dapat melihat aneka satwa yang mungkin belum pernah dilihat secara langsung.

Dari sini mereka bisa belajar dengan gembira, melihat dan mengamati hewan-hewan dan bagaimana cara mereka hidup, cara makan hewan tersebut, dan sebagainya. Tidak kurang dari 2500 satwa dunia bisa ditemui di Taman Safari Indonesia.

Taman Riung Gunung

Taman Riung Gunung merupakan wisata kebun teh. Jika anda ingin mengintari kebun teh dan menikmati keindahan serta hawa sejuknya, bisa datang ke Taman Riung Gunung.

Selain kebun teh, ada wahana lain yang ditawarkan obyek wisata ini, yaitu, kolam renang, area bermain anak, area berkemah. Khusus wisatawan yang ingin menginap, tersedia pula penginapan dengan nuansa alam yang indah.

Air Terjun Bidadari

Air terjun yang mempunyai ketinggian 75 meter itu airnya berasal dari mata air hutan lindung yang ada di dekatnya. Air terjun yang jatuh, ditampung dalam sebuah wadah yang hampir sama dengan kolam renang.

Wahana lain yang tersedia adalah kolam anak dan kolam arus. Aktivitas yang bisa dilakukan yaitu outbond, flying fox, dan berperahu.

Tidak lupa dengan kuliner khas bogor yang menggugah selera selepas bermain dengan dengan air, terlebih makanan atau minuman yang panas untuk menghangatkan tubuh.

Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah salah satu obyek wisata alam Bogor yang terkenal dengan air panasnya. Disamping ada pemandian air panas, berbagai kegiatan dapat dilakukan di kawasan wisata Gunung Pancar, diantaranya, bersepeda, jogging, hiking, camping, naik kuda.

Keindahan alami yang terpancar dari obyek wisata ini berupa hutan lindung dengan pohon-pohon pinus di kiri dan kanannya, membuat betah berada di Gunung Pancar.

Sumber air panas Gunung Pancar akan dialirkan ke kolam-kolam untuk berendam. Berendam air panas dapat mengembalikan kesegaran tubuh yang terkuras akibat aktivitas sehari-hari.

Taman Wisata Mekarsari

Taman Mekarsari adalah taman buah yang terbesar di Indonesia dan mempunyai koleksi tanaman buah hingga 1470 dengan pohon mencapai 100.000.

Kita dapat menyaksikan beraneka ragam buah asli Indonesia maupun yang tumbuh di luar negeri. Kereta keliling akan membantu kita menjelajah taman buah yang luasnya mencapai 264 hektar ini.

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul ini memiliki bermacam fasilitas, diantaranya adalah tempat pertemuan dan perkemahan. Untuk berlibur bersama keluarga, ini bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya di Taman Budaya Sentul, anak-anak tidak hanya dapat melakukan kegiatan outbond yang mengasyikkan seperti trekking, paintball, dan high rops.

Melainkan juga bisa sambil belajar membatik, membuat keramik, serta melukis. Ketiganya dapat dilakukan di spot culture center Taman Budaya Sentul.

Air Panas Ciparay

Suasana alami dan segar di lokasi wisata Ciparay ini memanjakan wisatawan yang datang. Lokasi obyek wisata ini ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun.

Mandi di kolam air panas, membuat tubuh kembali segar dan rileks. Menikmati liburan di sini begitu menyenangkan. Karena selain memberikan relaks pada tubuh juga dapt membuat pikiran tenang dengan berendam di air hangat dari segala aktivitas yang membuat kepala pusing.

Nikmati juga kuliner yang di jejalkan di tempat wisata ini, sehingga dapat berwisata sekaligus memanjakan lidah dengan makanan yang nikmat.

Jungle Land Adventure Theme Park

Jungle Land terhampar seluas 35 hektar dengan jumlah wahana unik dan menarik sebanyak 31 jenis. Di Jungle Park banyak ditemui tempat kuliner berupa resto dan café.

Tinggal memilih ingin makan apa. Dijamin ingin berkunjung lagi bila sudah pernah berwisata ke Jungle Land Theme Park.

Wisata Lain yang Patut Dikunjungi di Bogor

[tab title=”Wisata religi di Bogor

Masjid Raya kota Bogor : Jalan Raya Pajajaran, Bogor Timur.
Masjid Jami Al-Juman : Jalan Pahlawan 1, Bogor Selatan.
Masjid Istiqom Budi Agung.
Masjid Nahwa Nur Pura : Bojong Gede.
Masjid As-Sholihin : Jayasari.
Masjid Agung Bogor.
Masjid Al-Muhajirin Bukit Waringin : Bojong Gede.
Pura Giri Kusuma : Bogor Baru.
Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Gunung Salak : Taman Sari.
Klenteng Hok Tek Bio.
Gereja Methodist Jemaat Immanuel : Jalan Cincau Bogor.
Gereja Kristen Indonesia : Jalan Pengadilan 35.
Gereja Zebaoth : Jalan Ir. H. Juanda, Kebun Raya Bogor.
Gereja HKBP : Jalan Paledang Bogor.
Gereja BMV Katedral Bogor : Jalan Kapten Muslihat.
Gereja SJA : Jalan Suryakencana Bogor.

[/tab]
[tab title=”Wisata Belanja Bogor

Ekalokasari Plaza
Botani square
Bogor Trade World
Bogor Trade Mall
Taman Topi Square
Yogya Bogor Junction
Plaza Jambu Dua
Pusat Grosir Bogor Merdeka
Giant Taman Yasmin
Plaza Bogor Suryakencana, Sukasari
Plaza Jembatan Merah, Veteran Panarangan
Plaza Indah Bogor, Soleh Iskandar Cimanggu
Hero Pajajaran
Gramedia Pajajaran
Orchard Walk dan The Jungle Mall, Bogor Selatan
Asinan Gedung Dalam, Sukasari
Asinan Dewi Sri Baranang Siang
Roti unyil Venus, ruko v-point Pajajaran
Nanchang Kitchen, seberang roti unyil Venus, Pajajaran
Sentra kerajinan dan cinderamata kota Bogor, Otto Iskandardinata.

[/tab]

Kuliner yang Wajib dicoba Ketika Berlibur ke Bogor

Asinan Bogor

Asinan bogor, makanan ini tidak hanya terkenal di kota hujan saja. Melainkan sampai keluar kota hujan. Rasanya yang mantap dengan kuahnya yang asam, sungguh segar. Pengelola kuliner asinan bogor di sini adalah Ibu Yenny.

Lokasi : Jalan Binamarga, Bogor.

Sate Sumsum dan Ginjal Pak Oo

Kuliner unik dengan harga yang sangat terjangkau, inilah sate sumsum dan ginjal sapi pak Oo. Sebetulnya cara pengolahan bahan-bahan tersebut menjadi sate sama saja dengan sate pada umumnya. Ditusuk dan dibakar. Hanya bahan pembuatannya saja yang berbeda. Lokasi : Jalan Suryakencana no.193, Bogor.

Toge Goreng

Makanan khas kota Bogor selanjutnya adalah toge goreng. Kuliner ini banyak kita jumpai di kaki lima hingga restoran besar. Toge goreng, berarti togenya digoreng? Tidak! Itu hanya namanya saja, kok. Toge goreng dibuat dengan merebus toge ke dalam air panas. Biasanya dimakan dengan mie kuning dan ketupat. Lezat dan tidak menguras kantong.

Pizza Kayu Bakar

Bagi anda pecinta pizza atau yang ingin mencicipi pizza yang mantap di kota Bogor, silakan datang ke Kedai Kita. Di sini anda dapat memesan menu pizza kayu bakar. Dinamakan demikian karena membuatnya dengan cara dipanggang di atas tungku dengan bahan bakar kayu. Wah, masih tradisional, ya. Tetapi tenang saja, rasanya juara, kok. Apalagi lelehan keju di atasnya. Membuat perut terus bersuara. Untuk masalah harga, pizza ini sangat terjangkau.

Lokasi : Jalan Pangrango no.21.

Es Pala

Es dengan potongan buah pala yang tipis dan campuran gula, sangat nikmat dan segar. Es Pala ini terletak di Jalan Suryakencana. Akan tetapi es ini tak hanya tersedia di sini, melainkan ada juga di restoran De’Leuitm Jalan Pakuan Bogor.

Bakso Gulung Bragi

Bakso gulung? Seperti apa sih bentuknya? Pasti mirip roti gulung…. Begitu kira-kira isi benak kita ketika mendengar nama kuliner Bogor yang satu  ini. Bakso berbentuk lonjong yang pembuatannya digulung bersama kembang tahu. Membuat rasanya makin maknyuss.

Lokasi : Jalan Palayu, Bantarjati.

Es Sekoteng Boper

Es Sekoteng Boper atau Bogor Permai menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh anda lewatkan saat berlibur ke kota hujan. Es sekoteng yang segar dengan tambahan kelapa muda, alpukat, serutan es, lelehan gula cair plus susu kental manis. Membuat kerongkongan lega.

Lokasi : Kawasan Bogor Permai.

Cungkring

Kuliner yang biasa dijajakan dengan gerobak panggul ini merupakan makanan unik yang terbuat dari campuran kepala kambing dan kikil dengan siraman kuah serta sambal kacang, kalau suka bisa makan pakai lontong. Dijamin murah, pas di kantong.

Lokasi : Jalan Suryakencana, Gang Aut.

Asinan Jagung Bakar

Asinan ini aneh, lho. Bahan asinan biasanya buah atau sayuran. Tetapi asinan jagung bakar, seperti namanya terbuat dari jagung bakar manis dengan siraman kuah cabai dan cuka juga taburan gula pasir di atasnya. Rasanya nano-nano, manis, asam, asin. Tetapi tetap segar. Asinan ini dijajakan oleh salah satu pedagang kaki lima secara turun temurun sejak 1968.

Lokasi: di Gang Roda Suryakencana.

Pia Apple Pie

Lokasi Pia Apple Pie adalah di seberang Kedai Kita yang menjual pizza kayu bakar. Ini kuliner Bogor yang tidak boleh kelewatan. Sebagian besar wisatawan yang datang, membelinya sebagai oleh-oleh. Ragam menunya antara lain : apple pie, strawberry pie, cheese pie, chocolate pie, apple fried rice, apple salad, pudding caramel, cream soup, yogurt. Selain rasa nikmat dan bentuk standar (bulat), kini Pia Apple Pie sudah berinovasi dengan membuat pie berbentuk hati atau love.

Cantik! Lokasi : Jalan Pangrango no.10.

Waroeng Taman

Warung dengan konsep semi terbuka, memiliki atap namun tak berdinding ini memiliki beberapa menu yang lumayan pas di lidah. Diantaranya, puyunghai, bistik, nasi goreng, gado-gado, es krim, es buah, pudding, yang semuanya dibanderol dengan harga murah. Suasana hijau seperti ada di taman membuat ritual makan jadi makin menyenangkan.

Lokasi : Jalan Taman Kencana 1.

Agri Park

Taman yang biasanya dimanfaatkan untuk area bermain dan belajar ini, disekitarnya banyak kuliner yang menggiurkan dan membuat bunyi perut tambah keras, diantaranya : Surabi Bohay, Saung Ngariung, Burger Queen, ayam, salad, siomay, pempek, hingga ayam beraroma harum dengan rasa gurih.

Lokasi : Jalan Taman Kencana no.3.

Bir Kocok

Bir kocok, tidak seperti bir pada umumnya yang mengandung alkohol. Terbuat dari campuran rempah cengkeh, kayu manis, gula aren, dan jahe dengan proses pembuatan yang dikocok hingga menciptakan busa, membuat minuman ini dinamai bir kocok. Satu gelas, jika diminum di tempat harganya Rp 3000,- sementara jika dibawa pulang, per botolnya Rp 10.000,-.

Lokasi : Gang Aut, Suryakencana.

Sup Buah Pak Ewok

Sesuai dengan slogannya yaitu segar, enak, murah, Sup Buah Pak Ewok tidak akan membuat lidah anda kecewa. Sup buah biasa dihargai Rp 8000,- per porsi dan untuk sup buah duren seharga Rp 10.000,- per porsi. Selain sup buah, kedai ini kini melebarkan sayap ke kuliner ringan berupa otak-otak, batagor, pempek, hingga roti cane.

Lokasi : Jalan Tunggul no. 5 Taman Kencana, Bogor.

Bapatong

Nama kuliner yang merupakan singkatan dari bakso, kupat, gentong, sangat pas dinikmati saat hari panas. Apalagi ditemani es dower yang berisi santan kelapa beku, gula, buah-buahan, serta agar-agar. Bedanya dengan bakso lain adalah irisan dadu iga sapi dan ketupat yang ada di dalamnya. Selain dari itu, kompsisi bapatong sama dengan bakso lain temasuk kuah kaldunya. Seporsi bapatong dipatok dengan harga Rp 15.000,-.

Lokasi : Jalan Taman Kencana, Bogor.

By Admin