• Jum. Apr 26th, 2024

11 Fungsi Daun Sirih yang Sayang Ditinggalkan

ByAdmin

Apr 5, 2023
Sirih

11 Fungsi Daun Sirih yang Sayang Ditinggalkan

Daun sirih dikenali jadi daun yang kerap dikunyah oleh beberapa orang tua. Daun hijau benar-benar sejauh ini dipercaya punya kegunaan untuk kesehatan gigi. Rupanya masihlah banyak yang lain kegunaan daun sirih pada dunia kesehatan.

Kandungan daun sirih

(Piper betle L.) ialah tanaman merembet yang dari Asia Tenggara. diambil daunnya untuk dipakai selaku penyedap makanan atau mungkin jadi obat herbal yang diperbudidayakan dalam rumah. Daun banyak memiliki type adalah hijau, merah, gading, perak, bulu-bulu, Irian, serta hitam. hijau sangat banyak ditanamkan penduduk menjadi tanaman hias sekalian obat herbal.

Seputar 85 – 90% daun terbagi dalam air. Per 100 g daun cuman mempunyai kandungan 44 kalori serta 0,4 – 1% lemak. Kandungan yang lain dalam 100 g daun yaitu berikut ini.

Protein: 3% per 100 gr.
Iodin: 3,4 mcg.
Natrium: 1,1 – 4,6% per 100 gr.
Vitamin A: 1,9 – 2,9 mg.
Asam nikotinat: 0,63 – 0,89 mg.
Vitamin B1: 13 – 70 mcg.
Vitamin B2: 1,9 – 30 mcg.

Minyak atsiri daun sirih punya kesibukan antibakteri dari senyawa fenolik dan turunannya.

Fungsi daun sirih hijau

Di bawah ini ialah faedah daun sirih hijau buat kesehatan.

1. Miliki potensi turunkan gula darah

Ilmuwan menyampaikan kalau minum air rebusan daun miliki potensi menolong turunkan persentase gula darah. Resiko ini didapati ke orang yang anyar terdeteksi diabetes type 2. Kegunaan daun buat diabetes ini tiba dari kandungan anti-oksidan yang lebih tinggi. Anti-oksidan ini dapat kurangi depresi oksidatif, pemicu kerusakan beberapa sel badan serta penyebab tidak imbangnya hormon insulin. Daun cuma difungsikan jadi penyembuhan pengiring diabetes, bukan menukar penyembuhan inti.

2. Turunkan cholesterol

Sama yang udah ditulis sebelumnya, daun tinggi anti-oksidan. Pada badan, anti-oksidan eugenol bekerja menantang radikal bebas pembawa depresi oksidatif pemicu pelbagai penyakit kritis. Daun pula dipercayai punya potensi kurangi jumlah lemak keseluruhan di dalam darah. Faedah ini turunkan takaran trigliserida, cholesterol LDL, serta lemak jahat pada tubuh. Cholesterol dan trigliserida tinggi bisa tingkatkan dampak hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, serta tidak berhasil jantung.

3. Memercepat pengobatan cedera bakar

Kegunaan daun yang lain yaitu percepat pengobatan cedera, terpenting cidera bakar. Ini masih disangkutkan kandungan antioksidannya. Seorang yang alami cidera bakar alami depresi oksidatif yang tinggi dalam badannya. Depresi oksidatif bakal halangi proses pengobatan cidera. Yang terkandung polifenolnya, daun memiliki potensi jadi antiseptik yang memberi pelindungan dari infeksi kuman.

4. Menolong turunkan stres

Beberapa study perlihatkan kalau manfaat daun dapat menolong mengatur tanda-tanda stres. Stres sendiri terkait dengan rendahnya takaran serotonin dalam otak. Salah satunya riset dalam jurnal Current Research in Neuroscience (2012) mempunyai tujuan mencermati resiko terapis antidepresan dari konsentrat etanol daun sirih. Studi ini mengerjakan pengetesan kepada 48 tikus dewasa. Hasil pengamatan memberitahukan pemberian konsentrat etanol 100 mg memberi resiko antidepresan dengan menaikkan hormon serotonin.

5. Memperhatikan kesehatan gigi serta mulut

Berkumur sama air rebusan daun miliki potensi menghalangi perkembangan bakteri mulut serta zat asam yang memicu gigi berlubang. Kunyah daun dan biji pinang dapat memacu produksi air liur. Air liur mempunyai kandungan banyak tipe mineral serta protein yang bagus untuk jaga kebolehan gigi dan menghindar penyakit gusi. Diluar itu, air liur menolong bersihkan gigi dan gusi dari beberapa sisa makanan atau kotoran yang melekat.

6. Memperhatikan kesehatan aliran pencernaan

Kegunaan rebusan daun mempunyai potensi menolong menambah produksi lendir usus dan lambung. Lendir ini bisa menghindar cedera pada dinding usus serta lambung. Sebab itu, daun menolong kurangi ngilu lambung serta menghilangkan tanda-tanda GERD.
Daun ini membuat perlindungan usus dari racun serta radikal bebas yang beresiko. Manfaat lain daun pun menetralisir lagi pH lambung, hingga meredam maag, asam lambung naik, serta terasa sakit yang muncul karena perut kembung.

7. Menambah energi

Kunyah daun dan biji pinang ditemui bisa tingkatkan energi. Masalahnya biji pinang mempunyai kandungan beragam zat aktif yang bekerja serupa dengan nikotin, alkohol, dan cafein untuk menstimulasi badan menghasilkan hormon adrenalin.
Kenaikan hormon adrenalin bakal bikin Anda menjadi lebih konsentrasi dan hati-hati dan tambah energi.

8. Menyembuhkan mimisan

Langkah kerja daun membuat sembuh mimisan serupa dengan bagaimana daun ini membuat sembuh cedera bakar. Anti-oksidan tannin dalam miliki potensi percepat tanggapan badan buat mengobati cidera. Tanin membekukan darah lebih semakin cepat serta tutup sobekan di pembuluh darah dalam hidung. Tidak hanya itu, daun mempunyai potensi buat menambah skema kekuatan tubuh. Lebih kuat daya badan Anda, makin cepat cedera atau pembengkakan dapat pulih.

9. Faedah daun sirih untuk paras

Daun sirih didapati memiliki kandungan anti-oksidan chavicol. Zat aktif ini mempunyai sifat antiradang dan antibakteri yang miliki potensi sebagai obat jerawat serta gatal-gatal di paras. Tidak hanya itu, daun hijau punya kandungan antimikroba yang diakui punyai faedah menanggulangi alergi, gatal, serta berbau tubuh. Akan tetapi, alangkah lebih baik komunikasikan di dokter dan pakar herbal untuk pemakaian selanjutnya daun untuk muka.

10. Radang kerongkongan

Kandungan chavicol serta fenol pada daun hijau mempunyai sifat antiseptik. Pembawaan ini dapat menentang bakteri yang menimbulkan infeksi kerongkongan, adalah Staphylococcus aureus. Akan tetapi, Anda perlu ingat jika radang kerongkongan adalah tanda-tanda, bukan satu penyakit. Oleh karena itu, perlu tetap diskusi sama dokter buat mengerti penyakit penting dan penyembuhan yang akurat.

11. Mengontrol tanda-tanda asma

Kegunaan daun hijau miliki potensi buat kurangi asma, ialah persempitan aliran pernafasan yang muncul karena pembengkakan. Analisis terbitan International Journal of Basic and Applied Chemical Sciences (2014) mempelajari kalau daun ini mempunyai kandungan fenol yang punya sifat antiradang dan anti-oksidan. Tetapi, faedah ini masih perlu dicermati selanjutnya karena baru pada uji-coba pada marmut. Lebih-lebih, study ini menjelaskan jika resikonya tak seampuh obat antihistamin seperti chlorpheniramine.

Peraturan gunakan daun sirih

Biar memperoleh kegunaan daun yang maksimum, Anda penting mengenal ketentuan menggunakannya. Berikut cara-cara pemakaiannya.

1. Obat mimisan

Ini beberapa langkah gunakan daun untuk menanggulangi mimisan.

Tumbuk daun hijau sampai lembut jadi bubuk.
Campurkan bubuk daun bersama air.
Basahi kain kasa ke larutan daun sirih.
Sumbat hidung yang mimisan dengan kain kasa itu.

2. Sakit kerongkongan

Ikuti cara pembikinannya ini.

Pakai 2 lembar daun.
Rebus dengan dua gelas air sampai air berkurang jadi segelas.
Api matikan, dinginkan, lalu saring.
Kumurlah beserta air rebusan daun sejumlah 3 kali satu hari.

3. Obat buat kulit

Ikuti cara membuat di bawah.

Mengambil 7 – 10 lembar daun.
Rebus dengan dua gelas air hingga mendidih.
Dinginkan air, lalu basuh muka bersama air bilasan sirih.
Kerjakan sejumlah 2x satu hari.

 

BACA JUGA YAH :  Bermacam Trik Menangani Keputihan, dari Perawatan Alamiah serta Klinik 2023

By Admin