• Ming. Mar 24th, 2024

10 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Bikin Kulit Glowing!

ByAdmin

Feb 15, 2023 #Kulit Jeruk
Kulit Jeruk

10 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Bikin Kulit Glowing!

10 Manfaat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Bikin Kulit Glowing, Bisa Bikin Kulit Glowing! Jeruk merupakan salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Sebelum memakan buah jeruk, biasanya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu dan membuangnya. Namun, ternyata manfaat  yang jarang diketahui, lho!

Kulit jeruk ternyata mengandung nutrisi penting dan sebaiknya dimakan daripada dibuang. Nutrisi penting ini menjadi manfaat lainnya  yang patut diperhatikan. Mengutip dari Journal of Dietary Supplements, kulit jeruk telah digunakan sejak lama sebagai bahan aktif dalam sebagian besar obat-obatan tradisional.

Mungkin mengejutkan Moms bahwa kulit jeruk ini memiliki manfaat kesehatan empat kali lebih banyak daripada buah jeruk yang kita makan. dan juga mengandung flavonoid dan phytochemical lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Senyawa ini juga mengandung jumlah nutrisi tertentu yang lebih tinggi. Cari tahu apa saja manfaat banyak lainnya untuk kesehatan berikut ini, Moms.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Menurut Journal of the Saudi Society of Agricultural Sciences, merupakan sumber molase, pektin dan limonene yang baik untuk kesehata. Biasanya dikeringkan, dicampur dengan pulp kering dan dijual sebagai pakan ternak.  dibagi lagi menjadi epicarp atau flavedo (permukaan tepi berwarna) dan mesocarp atau albedo (lapisan tengah lunak berwarna putih).

Meskipun bisa digunakan sebagai pakan ternak, ada sejumlah manfaat  untuk manusia juga lho, Moms!
Apa saja manfaat  bagi kesehatan? Mari kita simak!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung

Manfaat lainnya yaitu mengandung hesperidin, senyawa flavonoid yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol. Flavon polimethoxylated (PMFs) yang ditemukan dalam dapat  juga lebih efektif membantu menurunkan kolesterol daripada obat-obatan yang dikonsumsi.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Berkat kandungan vitamin C-nya yang sangat baik, manfaat juga dapat membantu memecah hidung tersumbat dan membersihkan paru-paru. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan, dan ini membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru.  dapat membantu mengeluarkan dahak dengan membersihkan paru-paru. Kekebalan yang ditingkatkan juga mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

3. Mencegah Alergi

Histamin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab atas timbulnya reaksi alergi. Manfaat kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pelepasan histamin.

4. Membantu Pengobatan Diabetes

Kulit jeruk kaya akan pektin, serat yang dikenal bisa mengatur kadar gula darah. Manfaat  ini bisa membantu penderita diabetes. Dalam jurnal Natural Product Research, ditunjukkan bagaimana pengobatan dengan ekstrak tersebut dapat membantu mencegah nefropati diabetik. Selain itu, kandungan glikemik buah hanya 5 dan ini berarti kulit jeruk hanya menyebabkan sedikit peningkatan gula darah.

5. Mencegah Kanker

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah mencegah kanker. Kulit jeruk membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.
Faktanya, kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, jenis kanker kulit yang fatal. Orang-orang yang mengonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena kanker paru-paru dan kanker kulit.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meskipun informasi mengenai hal ini masih sedikit, beberapa sumber mengatakan bahwa senyawa tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, seperti:
Limonene
Decanal
Citral

Manfaat kulit jeruk ini bisa dirasakan, karena memiliki sifat anti inflamasi yang melawan infeksi dan meningkatkan penglihatan.

7. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit jeruk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dari tubuh. Banyak ahli medis merekomendasikan lainnya sebagai obat untuk menurunkan berat badan.

8. Menyembuhkan Hangover atau Mabuk

Manfaat  selanjutnya adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu menyembuhkan mabuk. Rebus kulitnya sekitar 15-20 menit, lalu minumlah rebusan ini seperti teh untuk menghilangkan mabuk.

9. Membantu Memerangi Peradangan

Satu penelitian di New York dalam jurnal Food Science and Human Wellness, menunjukkan bagaimana juga  menunjukkan sifat anti inflamasi yang sangat baik. Penelitian lebih lanjut memberi tahu bagaimana manfaat lainnya yaitu dapat menekan peradangan dengan cara yang mirip dengan indometasin, obat anti inflamasi. Selain itu, flavonoid dalam kulit jeruk diketahui dapat menembus membran dan menyembuhkan peradangan.

10. Mengatasi Napas Bau

Manfaat banyak lainnya juga dapat membantu melawan bau akibat gigi berlubang dan menjaga napas kita tetap segar dan harum.

 

 

BACA JUGA YAH : 4 Gejala-gejala Leukemia pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

By Admin